Sukseskan PPM, Haji Robert Minta Camat dan Kades Lingkar Tambang Berperan Aktif


RAPAT: Haji Robert, Presiden Direktur PTNHM menggelar pertemuan dengan lima camat dan dua belas Ketua Forum Kepala Desa (KFKD) lingkar tambang di Jakarta, Selasa (9/2)

Jakarta, malutpost.id - Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) tidak akan berhasil dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat tanpa bersinergi dengan camat dan kepala desa di lingkar tambang. Karena itu, Presiden Direktur PTNHM H Robert Nitiyudo Wachjo minta kepada camat dan kepala desa lingkar untuk ikut berperan aktif bersama Tim Social Performance (SP) PTNHM dalam mengimplementasikan program PPM perusahaan. “ Tanpa ada peran aktif dari camat dan kepala desa PPM PTNHM tidak akan berjalan maksimal,” kata Haji Robert sapaan akrab Presiden Direktur PTNHM dalam pertemuan dengan lima camat dan dua belas Ketua Forum Kepala Desa (KFKD) lingkar tambang di Jakarta, Selasa (9/2).

Pertemuan secara langsung antara Presiden Direktur sekaligus sebagai pemegang saham mayoritas PTNM dengan camat dan FKD lingkar tambang merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya pada bulan Juli 2020 juga pernah diadakan pertemuan serupa di Jakarta. Dalam pertemuan kali ini Haji Robert menyampaikan hal penting berkaitan dengan PPM antara lain, kecepatan dan ketepatan dalam mengimplementasikan program PPM, pemberian insentif kepada kepala desa dan camat lingkar tambang, suplai hasil pertanian, peternakan dan perikanan untuk memenuhi kebutuhan makanan karyawan, rekrutmen tenaga kerja, dan pengadaan laboratorium PCR untuk melayani khusus masyarakat di lingkar tambang. “Untuk mempercepat implementasi program PPM, managemen PTNHM akan menempatkan 1 orang karyawan SP setiap desa dan 2 orang karyawan SP setiap kecamatan. Semua karyawan yang akan ditempatkan di setiap desa dan kecamatan tersebut direkrut melalui kepala desa dan camat masing,” terang Haji Robert.

Kata dia, mereka akan diberikan masa bekerja selama tiga bulan, kalau kinerjanya bagus dan sesuai dengan yang diinginkan NHM, maka akan dijadikan karyawan tetap sebagai pegawai karyawan TIM SP. Sebaliknya bila kinerjanya tidak sesuai yang diharapkan, terpaksa harus diganti. Presiden Direktur PTNHM juga mendesak kepada tim SP untuk segera merealisasikan program PPM tahun 2020 yang belum selesai. “Saya minta program PPM 2020 akhir Maret ini sudah selesai,” tandasnya. Untuk merangsang semangat kepala desa dan camat dalam mensinergikan dengan Tim SPP, manajemen perusahaan akan memberikan dana insentif masing-masing desa Rp7.500.000/bulan dan Rp 15.000.000/kecamatan/bulan. “Untuk pembagian saya serahkan kepada bapak kepala desa dan bapak camat. Atur saja secara proporsioanal sesuai dengan jabatanya,” seloroh Pak Haji sapaan akrab Haji Robert.

Terkait rekrutmen karyawan dari lingkar tambang, Haji Robert menegaskan NHM tidak akan merekrut karyawan dari lingkar tambang kalau tidak ada surat rekomendasi dari kepala desa dimana karyawan tinggal. “Untuk rekrutmen karyawan lingkar tambang harus melibatkan kepala desa. Jadi prosesnya dari HRD menyampaikan akan ada rekrutmen karyawan disampaikan ke Tim SP, kemudian dari SP disampaikan ke setiap kepala desa untuk disebarluaskan kepada warganya. Setelah nama-nama pelamar terkumpul kepala desa menyampaikan lagi ke SP untuk diteruskan ke HRD,” ungkap Haji Robert.

Sedangkan soal suplai hasil pertanian, perikanan, dan peternakan untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari karyawan di site, sampai saat ini masih kurang terutama dari sektor perikanan dan peternakan. “Kalau untuk sayur-sayuran dan buah-buahan sudah cukup bahkan over suply, cuma ikan dan daging masih sangat kurang,” timpal Manager SP Hansed P Lasa menambahkan, untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang belum bisa diprediksi akhirnya, Haji Robert juga berencana untuk mengadakan Lab PCR supaya bisa dijangkau masyarakat lingkar tambang. “Untuk memudahkan test covid saya juga akan mendatangkan Lab PCR khusus untuk masyarakat lingkar tambang,” ungkapnya.

Dalam pertemuan yang penuh kekeluargaan tersebut, selain membicarakan program PPM, Haji Robert menambahkan, awal bulan Maret akan dilaksanakan peletakan batu pertama program bedah rumah untuk 84 desa lingkar tambang.(rls/rul)