Haji Robert Bantu Rp 10 M, Bangun Kembali Gereja Imanuel

HARAPAN BARU: Presdir PT NHM Haji Robert saat menuju ke lokasi gereja Imanuel Gamsungi yang terbakar beberapa waktu lalu. Haji Robert disambut ketua Jemaat Gereja Imanuel Gamsungi Pdt. Ester Flory, S.Th bersama BPHJ dan majelis dan warga jemaat lainnya.

Tobelo,malutpost.id - Presiden Direktur (Presdir) PT Nusa Halmahera Minerals (PT NHM) Haji Robert Nitiyudo Wachjo, melakukan kunjungan ke lokasi gereja Imanuel Gamsungi yang merupakan gereja Pusat Gereja Masehi Injili di Halmahera (GMIH), Rabu (3/3). Gereja ini beberapa waktu lalu terbakar hebat.

Kunjungan pemilik PT. NHM ini merupakan langkah tindaklanjut atas komunikasi yang telah dibangun sebelumnya, dalam membantu pembangunan kembali gereja yang merupakan tempat peribadatan umat kristiani. Dimana seluruh penganggaran akan dibiayai oleh Haji Robert. Haji Robert bersama tim, berangkat dari site Gosowong menggunakan helikopter milik PT. NHM dan mendarat di lapangan depan kantor DPRD Halut. Selanjutnya menuju ke lokasi gereja Imanuel Gamsungi yang berada bersebelahan dengan kantor Sinode GMIH di jalan Kemakmuran desa Gamsungi Kecamatan Tobelo.

Haji Robert disambut ketua Jemaat Gereja Imanuel Gamsungi Pdt. Ester Flory, S.Th bersama BPHJ dan Majelis dan warga jemaat lainnya. Haji Robert kemudian meninjau ke dalam gedung gereja yang terbakar. Dalam percakapan bersama Ketua Jemaat Gereja Gamsungi, Haji Robert kemudian menegaskan, bahwa PT NHM dalam beroperasi di Halut telah banyak menghasilkan produksi emas hingga mencapai triliunan rupiah. Sudah seyogyanya PT NHM pun memiliki kewajiban dalam melihat kesulitan atas musibah kebakaran gereja yang dialami.

"Perusahaan tambang penghasil emas besar yang ada di daerah telah menghasilkan produk emas yang banyak dan hasilnya juga telah disetor ke negara kurang lebih Rp 7 triliun lebih dan royalty. Kami tentunya harus melihat ini. Kami siap membantu pembangunan gereja. Saya sendiri sangat sedih melihat musibah yang dialami atas kebakaran gereja. Kita siapkan secukupnya dan kami start secukupnya sebesar Rp 10 miliar. Kalau kurang nanti ditambah," janji Haji Robert di hadapan para jemaat gereja Imanuel. Menurut Haji Robert, dirinya tidak mengharapkan apa-apa untuk di balas lewat bantuan yang telah diberikan itu ."Karyawan saya banyak juga nasrani dan muslim. Kesatuan sangat penting dengan saling membantu antar umat beragama. Pembangunan gereja Imanuel ini dipastikan akan selesai secepatnya. Paling lambat 1 tahun sudah selesai," katanya.

Pertemuan koordinasi Haji Robert dengan kepala desa camat dan pemangku kepentingan di kawasan lingkar tambang membicarakan percepatan penyelesaian program PPM 2020 dan rencana program PPM 2021.

Sementara itu, Ketua Jemaat Gereja Imanuel Gamsungi Pdt. Ester Flory, S.Th, menyatakan apresiasi atas kepedulian Haji Robert atas musibah yang dialami. Menurutnya, bantuan yang diberikan Haji Robert dalam membantu pembangunan gereja sebagai sebuah jawaban atas musibah yang dialami jemaat. Usai meninjau lokasi gereja dan melakukan dialog dengan Ketua BPHJ, Haji Robert kemudian melanjutkan tatap muka dengan pengurus Sinode GMIH yang dilaksanakan di kantor Sinode GMIH.

Pada pertemuan itu, dihadiri Plt Bupati Halut, Yudihart Noya, Ketua Sinode GMIH Demianus Ice, Kapolres Halut AKBP Priyo Utomo Teguh Santoso, Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra. Sebelumnya, Haji Robert juga menggelar pertemuan bersama kades dan camat serta stake holder yang berada di kawasan lingkar tambang serta. Dalam silaturahmi ini, salah satunya yang dibicarakan terkait mekanisme rekrutmen di PTNHM. Akan dilakukan rekrutmen untuk tim SP. Dari 83 desa yang ada di lingkar tambang akan direkrut per desa satu orang. Kemudian untuk lima kecamatan masing-masing dua orang. “ Kita juga membicarakan terkait percepatan penyelesaian program PPM 2020 dan penyampaian rencana program PPM 2021,” terang perwakilan PT Indotan (pemilik baru NHM) Amin Anwar, kemarin (3/3).

Dalam kesempatan itu sambungnya, juga dibicarakan soal rencana peletakan batu pertama pembangunan 1000 unit rumah. Rencananya akan dilakukan Jumat (5/3) besok. “ Juga ada rencana dilakukan Pembangunan klinik di 5 kecamatan,” ujarnya.(*/rul)