Program Bedah Rumah Haji Robert Peduli Terus Berlanjut

PEDULI: Salah satu rumah di kawasan lingkar tambang PTNHM yang dalam proses perbaikan.

Tobelo,malutpost.id - Program bedah rumah untuk masyarakat tidak mampu di kawasan lingkar tambang PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) terus berlanjut. Bedah rumah yang merupakan bagian dari program Haji Robert Peduli tersebut telah merenovasi beberapa rumah dan saat ini masih terus berlanjut. Rumah yang dibedah berada di lingkar tambang PTNHM, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara (Malut). Manajer Social Performance (SP) atau Kinerja Sosial PTNHN, Hansed P. Lasa mengatakan, saat ini tim SP PTNHM bekerjasama dengan pemerintah kecamatan dan desa di 83 desa lingkar tambang masih merenovasi rumah-rumah yang selama ini dikategorikan sebagai rumah tidak layak huni.

Sementara itu, identifikasi rumah-rumah tidak layak huni lainnya terus dilakukan untuk selanjutnya dibedah. “Kami sangat semangat membantu masyarakat dalam hal ini masyarakat yang rumah-rumahnya perlu direnovasi agar yang sebelumnya tidak layak huni menjadi lebih yang layak dan nyaman ditempati. Ini adalah tanggung jawab kami sebagai bagian dari perusahaan yang beroperasi di Halmahera Utara, dan juga untuk menjalankan amanah dari Presiden Direktur dan sekaligus pemilik perusahaan kami, Bapak Haji Robert,” terang Hansed.

BEDAH RUMAH: Salah satu rumah di kawasan lingkar tambang PTNHM yang dalam proses perbaikan. Bedah rumah ini merupakan program Haji Robert Peduli .

Dari 83 desa yang ada di lingkar tambang PTNHM, setiap desanya mendapatkan kesempatan untuk mengusulkan 12 rumah masyarakat yang perlu direnovasi karena dinilai tidak layak. Rumah-rumah itu adalah rumah-rumah para masyarakat yang tidak mampu, para janda, rumah-rumah yang di dalamnya dihuni oleh beberapa keluarga serta rumah tidak layani huni lainnya. Tim SP PTNHM tidak mengenal lelah. Mereka terus bekerjasama dengan pemerintah desa serta masyarakat untuk program yang mulia ini. Beberapa rumah sudah direnovasi.

Seperti di Kecamatan Kao Teluk yang sudah berjalan yaitu di Desa Makaeling, Desa Akelamo Kao, Desa Tetewang, Desa Toigo dan Desa Dum Dum. Sementara itu, beberapa rumah di beberapa desa-desa di kecamatan lain juga sudah ada yang selesai dikerjakan dan yang sedang dalam proses pengerjaan, yaitu di Kecamatan Kao Utara, Kao Barat, Kao dan Malifut. Program bedah rumah ini selain dapat berjalan karena dana yang telah disediakan langsung dari Haji Robert, tetapi juga karena Kerjasama/ gotong royong pemerintah desa dan masyarakat serta Tim SP PTNHM.(rls/rul/*)