Kapolres Halut: Wartawan Bisa Meliput tapi di Luar Pagar

Kapolres dan Wakapolres Halmahera Utara saat duduk di depan pintu masuk kantor KPU Halut, Kamis (29/4/2021). (istimewa) 

Tobelo, malutpost.id -- Kapolres Halmahera Utara AKBP AKBP Priyo Utomo Teguh Santoso menjelaskan dirinya tidak melarang wartawan untuk meliput pleno hasil penghitungan suara ulang (PSU) di TPS 01 Desa Supu, Kecamatan Loloda Utara di Kantor KPU, Kamis (29/4/2021).

"Tidak betul saya melarang. Kalian disilahkan meliput tapi di luar pagar. Karena KPU dijadikan area TPS. Dan ini pencemaran nama baik. Saya bisa tuntut balik,"kata Kapolres Halut AKBP Priyo Utomo Teguh Santoso kepada malutpost.id, Jumat (30/4) malam.

Sebelumnya, pada Kamis (29/4/2021), Kapolres bersama Wakapolres Kompol Alwan Aufad, tiba-tiba memerintahkan anggotanya mengeluarkan para awak media dari halaman kantor KPU Halut disaat hendak meliput penghitungan lanjutan TPS 1 Desa Supu, Kecamatan Loloda Utara yang tersisa 76 surat suara.  "Pak Kapolres minta teman-teman wartawan diluar pagar saja,"ucap salah seorang personil Polres Halut sambil mengarahkan semua wartawan yang sudah dua jam menunggu di halaman Kantor KPU Halut.

Sebelumnya, KPU mengambil alih pleno tingkat TPS tersebut karena situasi di TPS tidak mengungkinkan melanjutkan penghitungan akibat kacau. Bahkan saksi dari tim pasangan nomor urut 2 Joel B. Wogono dan Said Bajak merobek form C plano.(rid)


_

Peliput : Ridwan Arif

Editor   : Ikram