Konoras: Soal Oknum Jaksa Nakal Bukan Hal Baru

M. Konoras. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Dugaan salah satu oknum jaksa di Kejaksaan Tinggi Maluku Utara yang mengatur proyek di Pemerintah Provinsi Malut memantik reaksi publik.
 
Ketua Peradi Kota Ternate, Muhammad Konoras mengemukakan, modus operandi kejahatan yang dilakukan oleh oknum jaksa nakal ini bukan hal  yang baru. Kondisi ini, sudah berlangsung sejak 2010. "Minta-minta proyek ini telah dimainkan oleh oknum jaksa nakal dengan membawa-bawa nama institusi kejaksaan," kata Konoras.
 
Bahkan, lanjut Konoras, ada oknum jaksa yang dulunya menggunakan jabatan untuk menakut-nakuti panitia pengadaan barang dan jasa serta memiliki proyek tetapi menggunakan perusahan milik orang lain agar tidak diketahui belangnya.
 
Advokat senior Malut itu berharap, Kepala Kejaksan Tinggi Malut harus menindak tegas oknum jaksa yang menggunakan jabatannya untuk menakuti pemilik proyek bila perlu memberhentikan dengan tidak hormat kalau benar-benar terbukti. 
 
Kepala Kejati juga diharapkan mengawasi secara ketat dan serius terhadap jaksa-jaksa nakal dalam menangani kasus-kasus di Pengadilan terlebih kasus kasus narkoba.
 
“Karena menurut informasi dari beberapa terdakwa yang saya temui  mereka selalu meminta minta uang kepada terdakwa,” ungkap Muhammad Konoras kepada malutpost.id, Sabtu (7/11).
 
Konoras menambahkan, meskipun demikian, masih ada jaksa-jaksa yang baik yang perlu diberi peran dalam tuntutan dengan moral dan hati nurani.
 
Cerita tentang jaksa nakal sudah bukan barang baru lagi, karena sepanjang praktek, Konoras mengaku selalu mendapat cerita dari kliennya tapi, klien itu takut untuk melaporkan karena diancam memfitnah.
 
“Untuk itu Kajati jangan hanya menerima laporan dari bawahan yang indah-indah saja, tetapi sesekali coba tanya ke terdakwa dan penasehat hukum perihal oknum jaksa nakal,” pungkas Konoras. (aby)
 
 
-
Peliput : Hasbi Konoras
Editor   : Ikram