Pakai Ganja, Saldi dan Oces Dituntut 1,6 Tahun Penjara

Ilustrasi penyalahgunaan narkoba. (istimewa)

Ternate, malutpost.id - Terdakwa RK alias Saldi dan FHD alias Oces dituntut bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis ganja seberat 4,04 gram. Dalam sidang lanjutkan yang dipimpin ketua majelis hakim Nova Loura Sasube di Pengadilan Negeri Ternate, kedua terdakwa dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan pidana 1,6 tahun penjara.


"Perbuatan kedua terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri," kata JPU Muh Arafah dalam membacakan tuntutannya, Kamis (12/11). Perbuatan kedua terdakwa, lanjut Arafah, diancam dengan pidana dalam dakwaan Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP sebagaimana dalam dakwaan kedua. "Menjatuhkan pidana terhadap kedua terdakwa dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan," ucap Arafah.


Meski begitu, tuntutan pidana terhadap kedua terdakwa itu dikurangi masa penangkapan dan penahanan dengan perintah para terdakwa tetap ditahan. "Menyatakan barang bukti berupa 3 sachet kecil narkotika jenis ganja kering  dengan berat bruto 4,04 gram dirampas untuk dimusnahkan," tandas jaksa. Sidang akan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda pembelaan. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram