Dagang Barang Curian di Facebook, 3 Pemuda Tikep Dibekuk

Tiga terduga pelaku usai ditangkap anggota Polres Tikep. (istimewa)

Tidore, malutpost.id -- Tim Resmob Cobra Kie Matubu Polres Tidore Kepulauan menciduk tiga pelaku dugaan pencurian. Mereka adalah HF (16), RA (20) dan RSA (21).

Ketiga pelaku itu diduga mencuri sebuah gitar listrik merk Yamaha dan satu unit amplifier 500W. Mereka ditangkap pada 14 November 2020 di lingkungan Kusubirahi, Kelurahan Doyado, Kota Tidore Kepulauan.

"Mereka sudah kami amankan di Polres untuk jalani pemeriksaan," kata Kapolres Tikep, AKBP Yohanes Jalung Siram melalui Kasat Reskrim, Iptu Redha Astrian kepada malutpost.id, Senin (16/11/2020).

Redha mengisahkan, kejadian itu terjadi pada 23 Oktober 2020. Ketika itu, pelapor bersama rekannya pergi ke tempat wisata Dorube untuk membersihkan alat musik yang disimpan di salah satu bangunan. Setelah sampai, pelapor kemudian mengecek satu persatu alat musik. Ternyata, diketahui satu buah gitar listrik dan satu buah ampli 500W telah hilang.

"Pelapor kemudian melapor ke Polres," ujar Redha. Mendapat laporan itu, tim Resmob Cobra Kie Matubu kemudian melakukan patroli cyber dan menemukan salah satu akun facebook yang memposting gitar yamaha warna orange di salah satu grup jual beli online. Kemudian tim Resmob mencurigai postingan tersebut dan langsung mendatangi pemilik akun tersebut untuk menginterogasi.

Dari hasil interogasi, unit Resmob mendapat informasi bahwa yang bersangkutan diminta bantuan oleh temannya berinisial HF (terlapor 1) untuk menjual gitar tersebut. Selanjutnya unit Resmob langsung mendatangi rumah HF yang berada di lingkungan Kusubirahi Kelurahan Doyado. Saat diinterogasi, HF berbelit-belit, namun HF kemudian mengaku bahwa gitar tersebut adalah hasil curian yang dilakukan bersama dua rekannya yakni RA (terlapor 2) dan RSA (terlapor 3). Alhasil, kedua pelaku lainnya berhasil diamankan.

"Dasar penangkapan adalah Laporan Pengaduan tanggal 6 November 2020 dan SP Lidik no :SP.Lidik/55/X/2020/Reskrim, tanggal 9 November 2020," ungkap Kasat sembari menyatakan ketiga pelaku masih dalam pemeriksaan. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram