Dua Jendral Polda Malut Berganti, Dua Pamen Ditarik ke Mabes Polri


AKBP Adib Rojikan. (istimewa)

Ternate, malutpost.id - Setelah Kapolda Maluku Utara Irjen (Pol) Rikwanto dimutasi, kini Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis kembali mutasi Wakapolda Malut, Brigjen Pol Lukas Akbar Abriari. Selain dua jendral tersebut, tiga perwira menengah di mapolda Malut juga ikut dimutasi. Mereka adalah Karo SDM dan Kabid Dokkes serta Kabid TIK Polda Malut.

Mutasi Wakapolda Malut tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/3233/XI/KEP./2020 tanggal 16 November 2020. Jendral bintang satu itu ditarik ke Mabes Polri dengan posisi sebagai Kapuskeu Polri.

Posisi yang ditinggalkan Lukas  akan diisi Brigjen Pol Eko Para Setyo Siswanto yang sebelumnya menjabat sebagai auditor kepolisian utama TK II Itwasum Polri. Sementara, Kabid Dokkes Polda Malut, AKBP Subur dimutasi sebagai Kabid Dokkes Polda Maluku. Posisi Subur akan ditempati AKBP Mintarya Suryanto yang sebelumnya menjadi Kasubbid Kespol Biddokkes Polda Metro Jaya.

Dalam telegram nomor ST/3235/XI/KEP/2020 disebutkan, Karo SDM Polda Malut Kombes Pol Noviana Tursanurohmad dimutasi menjadi analis kebijakan madya bidang Watpers SSDM Polri dalam rangka pendidikan Sespimti. Jabatan yang di tinggalkan Noviana akan ditempati oleh Kombes Pol Guntur Herditrianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolresta Mataram Polda NTB.

Sedangkan Kabid TIK Polda Malut Kombes Pol Dedy Kurnia Tri Jayeng Suprihadi juga ditarik ke Mabes sebagai penyidik tindak pidana madya Bareskrim Polri. Jabatan itu ditempati oleh AKBP Wiliam Asnandar Simanjuntak yang sebelumnya menjabat sebagai Wadir Samapta Polda Malut. Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan membenarkan mutasi tersebut.

"Iya benar, Pak Wakapolda sama Karo SDM, Kabid Dokkes, Kabid TIK dimutasi," ungkap Adip saat dikonfirmasi, Selasa (17/11). Menurutnya, surat telegram Kapolri tertanggal 17 November 2020 itu beberapa diantaranya merupakan mutasi untuk dipromosi. “Pak Waka dipromosi jadi Kapuskeu Polri. Kabid Dokkes dan Kabid TIK juga dipromosi. Untuk Karo SDM persiapan pendidikan," ujar Kabid sembari menyatakan, sertijab Kapolda dan Wakapolda akan dipimpin langsung oleh Kapolri sedangkan sertijab pejabat utama Polda dipimpin oleh Kapolda. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram