Jatuh dari Longboat, Warga Halsel Ditemukan Tak Bernyawa

Jasad korban saat dievakuasi oleh Tim Sar gabungan di Halmahera Selatan. (istimewa)

Ternate,malutpost.id --  Warga Desa Galala, Kecamatan Obi Halmahera Selatan, Maluku Utara bernama Theis ditemukan dalam kondisi tak lagi bernyawa, Rabu (18/11/2020). Pria 52 tahun itu dinyatakan hilang setalah terjatuh dari longboat dalam perjalanan dari Desa Kawasi menuju Desa Galala, Kecamatan Obi Halsel pada 13 November 2020 lalu. Jasad korban baru ditemukan di Pulau Mala-Mala Halsel setelah lima hari pencarian.

Pencarian korban oleh Tim Sar Gabungan sempat mengalami kendala cuaca dan arus laut di hari ke-3 dan ke-4. Setelah ditemukan korban langsung dievakuasi oleh Tim Sar Gabungan menggunakan RIB 01 Bacan menuju ke Desa Kawasi dan diserahkan ke pihak keluarga.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah mengatakan, dengan ditemukannya korban maka Tim SAR Gabungan kembali ke Home Base untuk melakukan debriefing, setelah dilaksanakan pencarian selama 5 hari. "Selanjutnya seluruh unsur yang terlibat dalam operasi pencarian dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," kata M Arafah, Rabu (18/11/2020).

Kejadian itu bermula saat korban bersama dua orang rekannya melakukan perjalanan laut dari desa Kawasi menuju Galala menggunakan longboat. Korban diketahui sedang meminum air di atas longboat yang melaju dengan kecepatan tinggi. Entah karena gelombang, korban tiba-tiba terjatuh ke laut. Longboat yang sedang melaju kencang langsung berputar kembali ke arah korban, kedua orang teman korban berusaha menolongnya, namun korban sudah tenggelam.

Kedua orang tersebut langsung melakukan pencarian di sekitar lokasi. 20 menit pencarian, korban tak kunjung ditemukan. Mereka pun kembali ke Kawasi untuk meminta bantuan. "Karena tidak ditemukan, pihak keluarga korban melaporkan kejadian tersebut ke Basarnas," tandas Arafah. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram