Hati-hati, Maling Barang Elektronik Sasar Anak-anak

Maling barang elektronik yang berhasil diciduk Polres Ternate. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- RYM alias Adi dibekuk tim Resmob Macan Gamalama, Polres Ternate pada 17 November 2020 kemarin. Ia ditangkap karena diduga mencuri satu unit Laptop dan Ponsel di lokasi yang berbeda.

Pria 24 tahun itu ditangkap di jalan raya Kelurahan Salero, Kota Ternate Utara usai menerima laporan dari korban.

Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksimada melalui Kasubag Humas, Ipda Wahyudin mengatakan, penangkapan itu bermula dari laporan NT yang mengaku kehilangan satu unit laptop merk Acer ukuran 11 Inch merah dengan laporan polisi LP/ 216 /IV/2020/Malut/ Polres Ternate, pada 28 April 2020.

Menurutnya, barang korban hilang di dalam kos-kosan Sulanisa Kelurahan Dufa-Dufa Ternate Utara. Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku mengambil laptop tersebut. Aksi itu dilakukan bersama salah satu rekannya bernama HS. Ketika itu, HS mengambil laptop di dalam kosan tersebut sedangkan RYM menunggu diluar. Usai mencuri, keduanya menuju ke Kelurahan Fitu.

"Selanjutnya, YRM juga mengaku mencuri satu buah ponsel merk Oppo A 5S di dalam kios milik korban di Kelurahan Bastiong Karance," ungkap Wahyuddin.

Pencurian ponsel itu, lanjut Wahyuddin, dilakukan pelaku dengan modus membeli minyak pertalite seliter menggunakan uang pecahan Rp 20 ribu di kios milik korban. Namun, yang melayani pelaku adalah ponakan korban yang bernama Afifa yang masih berusia 10 tahun.

Saat itu, Afifa memegang handphone milik korban tiba-tiba pelaku merampas handphone dari tangan Afifa dan langsung melarikan diri. Atas perbuatan itu, YRM sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dikenakan Pasal 363 Ayat (1) Ke-4e Subs Pasal 362 dan atau Pasal 365 ayat (1) KUHPidana Jo Pasal 65 KUHPidana. "Untuk HS yang merupakan rekan tersangka itu masih dalam pencarian polisi,," tandas Wahyuddin. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram