Kapolda Tetapkan Pelabuhan jadi Kawasan Wajib Masker

Kapolda Malut Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K, me-launching kawasan wajib masker pelabuhan, kemarin (18/2).

Ternate,malutpost.id - Kepolisian Daerah Maluku Utara (Malut) kembali menetapkan satu lagi kawasan Wajib Masker (KWM). Kali ini areal yang ditetapkan adalah kawasan pelabuhan. //Launching// kawasan wajib masker di pelabuhan itu dilakukan langsung Kapolda Malut Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K, di kawasan Pelabuhan ASDP Ferry Bastiong Kota Ternate, Kamis (18/2).

Ditemui usai , kapolda mengatakan, penetapan kawasan wajib masker ini tidak hanya sebatas kegiatan launching saja. Tapi ini menjadi spirit dalam meningkatkan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. “ Kita juga akan menyiapkan sarana tempat cuci tangan dan menempatkan personel di kawasan itu untuk menjaga kedisiplinan terkait jaga jarak, tidak berkerumun. Selain itu juga akan dilakukan pengukuran suhu sebelum memasuki kawasan ini,” terang Kapolda.

Lanjut Kapolda, bila dari hasil pengukuran suhu tubuh ditemukan adanya indikasi atau yang dicurigai terpapar Covid-19, maka orang tersebut akan langsung diarahkan ke Pos atau tempat isolasi mandiri untuk selanjutnya dilakukan penanganan oleh tenaga Kesehatan. Sementara untuk penumpang yang akan memasuki kawasan wajib masker pelabuhan tapi tidak menggunakan masker akan ditahan dan diminta memakai masker. Pihaknya juga akan menyediakan masker sehingga bagi warga yang tak punya masker langsung diberikan. Selain itu mereka juga akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh. “ Di kawasan itu kita akan tempatkan personil polisi dan TNI. Mereka yang nantinya mengawasi kawasan wajib masker tersebut,” terang jenderal bintang dua itu.

Dalam mencegah penyebaran Covid-19, Kapolda mengimbau agar semua pihak terus bersinergi, karena TNI dan Polri tidak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan berbagai pihak. “ “Pengawasan Kawasan Wajib Masker di Pelabuhan ini aka dibuat pos. Tim penanggung jawabnya sendiri terdiri dari GM ASDP, Dir Polairud Polda Maluut, Wali Kota Ternate, Kapolres Ternate, dan Dandim 1502/Ternate,” pungkas Kapolda.(Pol/rul)