Kapal ke Ternate Dipenuhi Penumpang

RAMAI: Aktivitas Pelabuhan Sanana Kepulauan Sula. Ft ikram/malut post

SANANA - Libur tahun baru dimanfaatkan betul oleh sejumlah warga untuk melepas penat setelah setahun bekerja.
Tak terkecuali warga Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), yang memilih berlibur keluar daerah. Kota Ternate menjadi tujuan utama warga Sula. Amatan koran ini Sabtu (28/12) dan Senin (30/12), ratusan warga memadati Pelabuhan Sanana. Mereka bertolak ke Ternate menggunakan KM Karya Indah dan Permata Bunda.

Kedua kapal tersebut penuh tidak seperti biasanya. Alhasil, pihak kepolisian maupun Syahbandar Pelabuhan Sanana melakukan pendataan penumpang satu-persatu. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kelebihan penumpang atau over kapasitas. "Kita data mereka terutama yang tidak punya tiket," kata salah satu petugas yang menolak namanya dikorankan.

Dia menjelaskan, dalam situasi libur panjang seperti saat ini, sering kali terjadi lonjakan penumpang kapal, terutama tujuan Ternate. "Biasa penumpang memang banyak sekali terutama tujuan Ternate, " tuturnya. Junaidi, salah satu warga Sanana mengaku biasanya memilih Ternate sebagai tujuan libur akhir tahun. Menurut Junaidi, selain untuk berbelanja, beberapa destinasi wisata di Ternate juga cukup indah untuk dikunjungi. "Kalau di Sanana memang ada destinasi wisata, tapi kalau di Ternate sekalian kita bisa belanja pakaian juga," pungkasnya. (ikh/onk).