Pasukan BM Mengamuk di Bawaslu

KLARIFIKASI: Pendukung BM meminta klarifikasi Gajali (depan tengah) di Bawaslu Kepsul kemarin. ft ikram/malut post

SANANA - Kantor Bawaslu Kepulauan Sula (Kepsul), Rabu (12/2) mendadak ramai, dipenuhi warga yang diduga pendukung bakal calon wakil bupati Kepsul Basir Makian (BM).

Mereka mendatangi Bawaslu, karena mengetahui kehadiran Gajali Fataruba, warga Desa Kabau Pantai Kecamatan Sulabesi Barat, yang melapor dugaan pelanggaran pemilu  yang dilakukan BM di rumah adat Kabau. Gajali menggunakan foto facebook salah satu pendukung BM sebagai barang bukti. Pemilik akun tak terima, dan menanyakan hal itu ke Gajali. Puluhan pendukung Basir  yang juga turut mengerumuni Gajali. Anggota Bawaslu Kepsul Risma  Buamona yang mendengar keributan tersebut keluar ruangan dan mengamankan keadaan, dan mengusir  pendukung BM.   “Saya datang ke Bawaslu ini karena diundang. Saya tidak tahu mereka yang datang banyak-banyak itu untuk apa, tiba-tiba mereka hampiri saya dan menanyakan macam-macam termasuk akun facebook yang saya gunakan sebagai alat bukti,” kata Gajali.

Ketua Bawaslu Iwan Duwila menyesali sikap beberapa warga yang diduga merupakan pendukung Basir . Dia bilang, Bawaslu terbuka bagi siapa saja. “Kalau mereka datang baik-baik tanpa membuat keributan itu tidak apa-apa, tapi kalau mau bikin ribut maka kami punya hak untuk menyuruh mereka keluar,”  kata Iwan sembari berharap kejadian tersebut tidak terulang lagi. (ikh/onk)