Puluhan Hektare Cengkih Terbakar

TERBAKAR: Tanaman cengkih yang sudah terbakar. Ft ridwan/malut post

BOBONG - Kebakaran hutan di Kecamatan Taliabu Barat Laut meresahkan warga.  Kebakaran tersjadi sejak Sabtu (22/2) pekan lalu, hingga kemarin (25/2) masih terjadi. Api belum berhasil dipadamkan. Puluhan hektar kebun milik warga Desa Salati dan Nggele terbakar habis. “Sekira 1000 tanaman cengkih dan tanaman lain milik warga kedua desa terbakar,” kata Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Pulau Taliabu,  Haruna Masuku. Dia menjelaskan data sementara lima kebun milik warga yang terbakar.

Untuk mencegah kebakaran makin membesar, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran menurunkan petugas di lokasi kebakaran di belakang Desa Beringin Jaya. "Lokasi kebakaran  memang di belakang Desa Beringin, namun di kawasan itu yang melakukan aktifitas perkebunan adalah warga Desa Salati dan Desa Nggele," terangnya.

Proses pemadaman ini dibantu TNI dan Polri. Namun hingga kemarin api belum bisa dipadamkan. Sebab titik api tidak bisa dijangkau mobil damkar.  "Untuk pagi tadi (pagi kemarin, red), 50 anggota Satpol PP dan Damkar, bersama dengan Kanit Polsek Taliabu Barat, TNI, pemerintah kecamatan, pemdes dan babinsa sama terjun ke lokasi dan melakukan pemadaman secara manual.  “Api terus merambat hingga ke Air Sara menuju seberang gunung,” tuturnya.

Untuk mencegah terjadi lagi peristiwa seperti ini, Haruna mengimbau warga tidak  melakukan pembakaran di kebun miliknya (rid/onk).