LAKPESDAM Dianggap Rugikan PCNU Kepsul

KETERANGAN PERS: Ketua PCNU Kepsul Saiful Djafar Arfa (kanan) bersama Haryono. Ft ikram/malut post

SANANA - Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) tersinggung dengan sikap Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya (LAKPESDAM NU) Sula.

Beberapa hari terakhir lembaga yang berada dibawah naungan pengurus NU daerah itu menyampaikan pernyataan yang dianggap merugikan NU.  Ketua PCNU Kepsul, Saiful Djafar Arfa, menuturkan, lembaga tersebut berfungsi untuk mencerdaskan internal NU. Dia bilang, lahirnya LAKPESDAM NU bertujuan mengembalikan NU ke titahnya." Sehingga pada 1985 Gus Dur mengembalikan ke tujuan awal NU, jadi LAKPESDAM-NU itu masuk dalam satu perangkat di organisasi," kata Saiful bersama Sekretaris PCNU Sula, Haryono di kantornya, Selasa (10/3) malam.

Terkait peryataan Ketua LAKPESDAM Amirudin Ahmad  yang menyoroti beberapa hal di Sula, dan hasil survei pilkada, da bilang secara organisasi pihaknya  tidak mengetahui. Bahkan, soal survei pihaknya tidak memiliki lembaga untuk melakukan survei. LAKPESDAM katanya hanya bisa melakukan penelitian yang berkaitan dengan latar belakangan organisasi seperti pendidikan, pengembangan ekonomi dan kesehatan. "Jadi LAKPESDAM NU tidak punya kapasitas untuk melakukan survei, bukan berarti kita melarang tapi ada prosedur dengan melalui NU," ujarnya.

Dia bilang terkait itu, pihaknya akan melakukan pengkajian terkait itu. Soal sanksi belum bisa dipastikan. Jika melanggar, maka sudah pasti ada sanksi-sanksi bahkan sampai pada tingkat pemecatan. "Nanti kita panggil untuk mengklarifikasi," katanya. Dia menegaskan, mereka tidak akan terlibat dalam politik praktis bahkan tidak ada intervensi dari pihak manapun termasuk pemda. "NU tidak mencampuri sampai tingkat politik praktis," tegasnya

Sementara Haryono menegaskan, NU hanya mengacu pada politik kebangsaan yang memihak pada masyarakat bukan politik praktis. Soal SK LAKPESDAM kata Haryono, di SK-kan langsung oleh PCNU Sula. "Artinya LAKPESDAM berada di bawah NU cabang,"  jelasnya.  Haryono meminta ketua LAKPESDAM  mengklarifikasi langsung ke PCNU. "Jika tetap tidak diindahkan maka kita akan mengambil sikap tegas sampai pemecatan," pungkasnya. (ikh/onk).