Warga Berpartisipasi dalam TMMD

GOTONG-ROYONG: ratusan warga Desa Fogi memadati lokasi pekerjaan saluran air. Ft ikram/malut post

SANANA - Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) menjadi wujud kemanunggalan TNI dan rakyat.

Kamis (19/3) kemarin  ratusan warga Desa Fogi dan Waihama Kecamatan Sanana  bahu membahu bersama aparat TNI-Polri, bergotong-royong membangun drainase.  Sejak pagi personel Satgas TMMD bersama masyarakat berkumpul di lokasi. Sebelum memulai pekejaan, terlebih dahulu dilaksanakan briefing awal per bagian sektor, guna sekaligus membagi tugas yang diambil oleh Komandan SST, Kapten Inf. Heru. Matahari pagi yang menyengat tidak menyurutkan semangat ratusan warga. Suasana keakraban dan saling canda, menambah semangat warga untuk menyelesaikan penggalian saluran di desa tersebut.

Kades Fogi, Jaelan mengaku kebersamaan yang terjadi dalam kegiatan TMMD sejak lama dirindukan oleh warga. Selama ini kata Jailan,  gotong-royong selalu digelar, namun tidak seramai tahun ini.  "Kegiatan TMMD ini yang senantiasa dirindukan oleh masyarakat, mengingat budaya gotong royong merupakan tradisi kita," akunya.

Dia bilang, lokasi pembangunan saluran di areal tersebut, dapat membantu mengurangi banjir. Pasalnya, lokasi tersebut merupakan kawasan  langganan banjir, setiap kali hujan. "Semoga drainase ini menjadi harapan baru bagi masyarakat khususnya di Fogi, sebagai solusi atas keresahan selama ini," harapnya, sembari mengaku warga juga telah berkomitmen untuk bersama-sama menyelesaikan pembangunan ini hingga tuntas.

Senada, Dansatgas TMMD ke-107 Kodim 1510/Sanana, Letkol Inf. Karona Susilo, mengatakan, pihaknya mengapresiasi partisipasi masyarakat yang tinggi. Dia bilang, agar pekerjaan tidak mengalangi aktivitas warga lainnya, maka pihaknya memberlakukan sistem giliran setiap RT. "Tanpa kita minta masyarakat secara sukarela terjun bersama-sama kami, hal ini sejalan dengan tujuan pelaksanaan TMMD untuk mengakselerasi pembangunan di daerah. Dia Menambahkan hal itu menjadi tujuan mensejahterakan masyarakat, sekaligus juga sebagai wujud nyata atas kemanunggalan TNI dan Rakyat."Kita optimis seluruh sasaran fisik maupun non fisik ini dapat selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan," pungkasnya. (ikh/onk).