Bantu Edukasi Soal Covid-19

Bassiludin Labesi

SANANA - Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) meminta media massa memberikan pemahaman terkait virus corona (covid-19) agar masyarakat memahami dan tidak panik.

Bupati Kepsul Hendrata Thes melalui Kabag Humas dan Protokol, Bassiludin Labesi mengajak semua wartawan di Kepsul, agar membantu pemerintah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat. "Bupati meminta kepada semua wartawan online maupun cetak untuk membantu pemda memberikan pemahaman, ini penting agar masyarakat memahami karena media punya akses dalam memberikan informasi," kata Basiludin, kemarin (20/3).

Menurut Bassiludin, masyarakat harus mendapat informasi yang akurat dan terpercaya melalui sumber yang berkompeten. Dia bilang, terkadang informasi yang tersebar bebas di media sosial langsung dipercaya dan dibagikan secara massal. Hal itu dapat menimbulkan keresahan masyarakat. Selain pers, semua elemen juga bersama-sama mengantisipasi penyebaran virus berbahaya tersebut. "Wartawan harus berperan aktif karena media menjadi sarana dan salah satu solusi," ujarnya.

Selain itu, lanjut Bassiludin, wartawan juga diharapkan memberikan informasi terkait pergeseran orang baru."Kita juga antisipasi ada warga yang berdatangan dari luar daerah," pungkasnya. Sementara beberapa lalu Dewan Pers juga mengimbau kepada semua media, agar memberikan edukasi dan duduk perkara terkait pandemi virus corona. (ikh/onk)