Dua Warga Masuk Daftar ODP

Ilustrasi Virus Corona

BOBONG - Dua warga Kabupaten Pulau Taliabu masuk dalam daftar Orang Dalam Pengawasan (ODP) virus corona (covid-19). Karena keduanya diduga melakukan kontak dengan pasien 01, yang sementara ini menjalani perawatan di RSUD Chasan Boesoerie Ternate.
Dua warga asal Desa Gela Kecamatan Taliabu Utara dan Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, pernah menjenguk pasien 0-1 yang saat itu hasil pemeriksaan sampelnya belum keluar. Mereka berdua kemudian kembali ke Taliabu. “Dua orang tersebut masuk dalam OPD, kondisi mereka saat ini kurang sehat,” kata Koordinator Harian Satgas Covid-19 Kabupaten Pulau Taliabu Sutomo Teapon. Mereka berdua bertolak dari Ternate Minggu (15/3) melalui Pelabuhan Ahmad Yani, kemudian kapal yang ditumpangi singgah di Pelabuhan Sanana Kepsul, dan tiba di Pelabuhan Falabisahaya Selasa (17/3) pekan lalu.  Saat ini mereka berdua melakukan isolasi mandiri di rumah mereka masing-masing, di Desa Bobong dan Gela.

Terkait langkah pencegahan penyebaran corona, telah dikirim tim medis dilengkapi alat pelindung diri (APD) ke Desa Gela untuk memantau perkembangan warga yang melakukan kontak dengan pasien 01. Dia berharap warga sekitar Gela seperti Desa London dan Mintun, untuk sementara menunda hajatan.   Selain itu kepada pejabat daerah, atau warga Taliabu yang memiliki riwayat perjalanan ke daerah-daerah yang terpapar covid-19, agar mengisolasi diri secara mandiri di rumah maasing-masing.

Terpisah, Koordinator Tim Satgas Covid-19, Salim Ganiru menambahkan, Pemkab Taliabu menginstruksikan instansi terkait, baik Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Satgas Covid-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menelusuri dan mengambil tindakan terhadap kejadian tersebut. "Yang pasti kami ambil langkah penyebaran pendemi ini bisa dicegah atau diperlambat. Hari ini (kemarin,red) Tim Terpadu kami akan turun di TKP guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut," tandasnya. (rid/onk).