Isolasi Mandiri, Kondisi PDP Membaik

ISOLASI: Petugas mengunjungi pasien dalam pengawasan di Desa Gela.

BOBONG - Dua pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Pulau Taliabu yang diduga melakukan kontak langsung dengan pasien positif corona 01,  perkembangan kesehatannya dinyatakan mulai membaik.

"Selama isolasi mandiri, mereka mendapat penanganan intensif dari Tim Satgas Covid-19 dan juga PuskeSmas Gela Kecamatan Taliabu Utara," kata Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Pulau Taliabu, Sutomo Teapon. Dia menuturkan mereka berdua belum dianggap positif corona. "Intinya mereka tidak terpapar virus corona meski terkonfirmasi melakukan kontak langsung dengan pasien 01. Karena itu kami tim satgas mengimbau kepada masyarakat terutama di  Desa Gela, agar tidak mengasingkan keluarga atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tersebut," harap Sutomo.

Dia mengaku sudah dua kali satgas melakukan sosialisasi di Desa Gela. Inti sosialisasi mengajak warga agar tidak mengasingkan orang yang berstatus PDP. "Mereka yang masuk dalam daftar pemantauan atau pengawasan belum tentu terpapar virus corona, sehingga itu kami imbau kepada masyarakat agar tidak mengucilkan kehidupan seseorang," harapnya.

Sementara itu untuk penanganan Covid-10, Pemkab Taliabu menganggarkan Rp550 juta, yang bersumber dari dana darurat APBD 2020. Ini termasuk sosialisasi dan tindakan di lapangan.  (rid/onk).