Tiga Pejabat Kepsul Undur Diri

Kantor Bupati Kepulauan Sula

SANANA - Beda dengan di kabupaten/kota lain di Maluku Utara (Malut), pemerintah di Kepulauan Sula (Kepsul) selalu diwarnai dengan pengunduran diri pejabat.

Setelah sebelumnya di tahun 2019 tiga pejabat eselon dua mengundurkan diri, kini tahun ini tiga pejabat mengajukan surat pengunduran diri. Tiga pejabat tersebut adalah Kadis Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP), M. Luthfi, Kadis Kesehatan M. Irfan Pora, dan Direktur RSUD Sanana Ivan Sangaji. Informasi yang dihimpun Malut Post, M. Luthfi sudah meninggalkan jabatannya satu bulan lalu. Sementara M. Irfan Pora dan Ivan Sangaji baru beberapa hari lalu. Alasan M. Irfan Pora dan M. Luthfi mengundurkan diri karena faktor kesehatan. Sedangkan Ivan Sangaji belum diketahui alasan pastinya.
Ivan Sangaji  saat dikonfirmasi mengaku telah menyampaikan surat pengunduran diri kepada Bupati Hendrata Thes, Sabtu (28/3) pekan lalu. "Dari Sabtu dan sudah ada penggantinya  yakni dr. Makmur Tamani" kata Ivan, kemarin (1/3). Dia menuturkan setelah undur diri, dia tetap menjalankan tugas medisnya di RSUD Sanana. Dirinya tetap fokus pada penanganan wabah virus corona.  “Saya fokus di hal ini saja, saya tetap terlibat,” katanya.   

Sementara salah satu praktisi hukum, Kuswandi Buamona mengatakan, undur diri dari jabatannya merupakan hak siapa saja. Hanya saja, kata Kuswandi, saat ini, dua instansi kesehatan itu menjadi garda terdepan dalam penanganan virus corona. “Apa yang dilakukan oleh dua pejabat ini tidak baik menjadi contoh bagi pegawai negeri sipil (PNS) yang lainnya, karena saat orang sedang butuh mereka, itu kan salah,” kata Kuswandi.

Terpisah, Kabag Humas dan Protokol, Basiludin Labesi mengaku telah menerima surat undur diri ketiga pejabat tersebut. Menurutnya, salah satu alasan undur diri lantaran kondisi kesehatan. "Kalau Kadis PU dan Kadis Kesehatan alasannya  karena faktor kesehatan," jelasnya. (ikh/onk).

Pejabat Pemkab Kepsul yang undur diri sepanjang 2018-2020

1. Kadis PUPRPKP Ikram
2. Kadis Perhubungan Farid Djumati
3. Kadis Kesehatan Ilmi Ilmi Husain
4. Kadis Koperindag Abdul Rauf Upara
5. Kadis PUPRPKP M. Luthfi
6. Kadis Kesehatan M. Irfan Pora 
7. Direktur RSUD Sanana Ivan Sangadji
8. Kadis DLH Rahmatia
9. Sekkab Safrin Gailea