Gugus Tugas Lakukan Simulasi di Pelabuhan

SIMULASI: Suasana simulasi pemeriksaan penumpang yang baru turun dari kapal. Ft istimewa

SANANA - Posko bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), melakukan simulasi kedatangan penumpang di pelabuhan Sanana, Kamis (2/4).

Simulasi dilakukan meskipun Pemkab Kepsul belum membuka pintu masuk melalui laut.  “Hari ini (kemarin, red) kami dari petugas Covid-19 Kepsul melakukan simulasi di Pelabuhan Sanana. Simulasi menyangkut dengan kedatangan penumpang dari Ternate, Ambon dan Taliabu,” kata Ketua Pelaksana Harian (Plh) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepsul, Hendra Irawan Umabaihi.
Meski telah melakukan simulasi, dia belum bisa memastikan kapal pengoperasian kembali kapal penumpang. “Rencananya dibuka 7 April, tapi belum ada keputusan resminya,” kata pria yang juga Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepsul. Apabila izin operasional kapal dibuka, maka penumpang yang datang akan diperiksa sesuai protapnya.  “Simulasi ini dilakukan hanya untuk siaga saja, supaya kalau kapal penumpang sudah mulai operasi, tentu petugas juga siap,” ungkap Hendra.

Dalam penanganan wabah mematikan ini, pihaknya sangat berharap kepada warga Kepsul untuk bisa saling pengertian dan bisa bekerja sama. “Ini masalah kita bersama. Kami harap jika ada apa-apa, bisa saja langsung lapor ke posko,”  harapnya. (ikh/onk).