Masuk Sula, Wajib Ikut Protap Panjang

ANTRE: Warga mengantre di bawah terik matahari untuk melewati pemeriksaan kesehatan di pintu masuk Kepsul. Petugas menyediakan kursi untuk para pengantre. (IKRAM SALIM/MALUTPOST/ID)

Sanana, malutpost.id – Setiap warga yang datang ke Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) harus melewati protap panjang yang diterapkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepsul. Satu per satu penumpang kapal diperiksa dan warga diwajibkan mengantre dengan menjaga jarak. Seperti yang terlihat di Pelabuhan Sanana, Selasa (14/4), dimana ratusan penumpang kapal KM Al Sudais 21 yang tiba harus mengikuti prosedur tersebut.

 

Para penumpang diminta identitas diri, dicek kondisi kesehatan maupun pemeriksaan suhu tubuh. Mereka yang baru tiba terutama dari daerah terjangkit diwajibkan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari dan di bawah pengawasan petugas. "Nanti petugas akan sering mengontrol," kata salah satu petugas saat mengambil data diri salah satu penumpang.

 

Selain itu Satgas Covid-19 juga melarang buruh pelabuhan untuk naik ke kapal sebelum disemprot disinfektan. "Kita laksanakan protap ini sesuai dengan protokol penanganan virus, terutama di pelabuhan setiap warga yang masuk harus kita tahu riwayat perjalanannya," kata Koordinator Gugus Tugas Covid-19 di Pelabuhan Sanana, Idham Buamona.(ikh)