Kondisi Terus Membaik, Satu Pasien PDP Jalani Isolasi di RSUD Sanana

Petugas medis mengenakan APD hazmat saat menjemput pasien PDP di Pelabuhan Sanana, Jumat (17/4/2020) pagi tadi. Foto : Ismail Ahmad

SANANA, malutpost.id  - Satu pasien dalam pengawasan (PDP) asal Desa Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara  di rujuk ke RSUD Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara untuk menjalani isolasi. Pasien tersebut dibawah menggunakan speed boat pada Jumat (17/4) pagi dengan protokol penanganan pasien Covid-19. Istri dan anaknya juga dibawah serta untuk menjalani isolasi di ruang isolasi RSUD Sanana. Rencananya, pasien tiba di Sanana pada Kamis (16/4) namun keberangkatan ditunda dan baru tiba pagi tadi sekira pukul 07.30 WIT.

 
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepsul, dr. Makmur Tamani menuturkan, pasien tersebut dirujuk ke RSUD agar pihaknya lebih mudah menangani. Dia bilang, langkah itu diambil sesuai kesepakatan bersama tim medis dengan gugus tugas Covid-19 Kepsul. "Pasien itu kita masukan saja ke rumah sakit untuk pemeriksaan (penyakit) lain," jelasnya.
 
Dia bilang, sejauh ini hasil rapid test pertama reaktif. Untuk itu kata Makmur, statusnya masih PDP ringan, namun penangananya perlu dimaksimalkan. Terkait  rapid test kedua, menurutnya, baru akan dilakukan setelah pasien tiba di Sanana. "Kita musyawarah dengan petugas medis agar isolasinya lebih efektif lebih baik di RSUD saja," katanya.
 
Sebelumnya, pasien yang diketahui memiliki riwayat perjalanan dari daerah terpapar itu menjalani perawatan di rumah oleh petugas medis Puskesmas Falabisaha. (ikh)