Rp 30 Ribu, Zakat di Kepulauan Sula Dibayar Mulai Awal Ramadan

Syaiful Djafar

Sanana, malutpost.id - Lembaga pemerintah, organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam dan tokoh agama di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) memutuskan pembayaran zakat fitrah dilakukan pada awal Ramadan 1441 Hijriah 2020. Keputusan itu diambil dalam rapat bersama pada 16 April 2020 yang dihadiri perwakilan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kepsul, Bagian Kesra Setda Kepsul, Diskoperindag dan UKM, Majelis Ulama Islam (MUI) Kepsul, PCNU, Muhammadiyah, Gugus Tugas Covid-19, Baznas, kepala desa, tokoh agama dan Imam desa. 

 

Terdapat 8 poin kesepakatan bersama dalam keputusan tersebut. Dalam poin pertama huruf d menyebutkan, dalam masa pandemik covid maka, penyaluran zakat, infak dan sedekah dilakukan mulai 1 Ramadan. 

 

Sementara untuk besaran zakat yakni Rp 30 ribu atau berupa beras satu sha atau setara dengan 2,5 kilogram. Sementara untuk zakat fidyah sebesar Rp 15 ribu atau setara 7 ons beras yang dibayarkan oleh orang-orang yang berhalangan melaksanakan puasa Ramadan. Pembayarannya dilakukan langsung kepada fakir miskin.

 

Kepala Kantor Kemenag Sula, Saiful Djafar saat dikonfirmasi langsung mengirim 8 poin kesepakatan tersebut. Menurutnya, hal itu sesuai rapat dan kesepakatan bersama di gedung Madrasah Aliyah Negeri 1 Sanana. "Sesuai hasil rapat bersama," kata Syaiful, Senin (20/4).(ikh)