Warga Kepulauan Sula Nikmati Fenomena Matahari Cincin

LANGKA: Fenomena alam matahari cincin yang terlihat di langit Kepsul. (IKRAM SALIM/MALUTPOST.ID)

Sanana, malutpost.id - Warga Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) disuguhi fenomena alam unik. Fenomena berupa matahari yang dikelilingi cincin berwarna pelangi yang terjadi tepat pukul 13.00 WIT itu membuat warga geger. Mereka lalu mengabadikan fenomena tersebut menggunakan kamera handphone. Fenomena itu berlangsung sekira 1 jam. 

 

Irawan Duwila, salah satu warga menuturkan, peristiwa itu merupakan kejadian alam yang unik yang sangat jarang terjadi. Dia berharap, dengan fenomea alam itu bisa memberi pertanda baik. "Kita serahkan semua kepada yang kuasa semoga ini menjadi pertanda baik," kata Irawan. 

 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Ternate saat dikonfirmasi belum memberikan tanggapan terkait fenomena itu. Sementara amatan malutpost.id, saat berlangsungnya fenomena tersebut puluhan warga ramai-ramai keluar rumah sembari mengabadikan menggunakan kamera ponsel. 

 

Dikutip dari detik.com, fenomena matahari cincin atau halo matahari merupakan salah satu dari fenomena optik atmoster. Termasuk fenomena yang jarang terjadi di negara tropis.(ikh)