Deteksi Penyebaran Corona, Pemkab Kepsul Segera Miliki Mesin PCR

Hendrata Thes. (Foto: Ikram/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) rencananya membeli mesin polymerase chain reaction (PCR).  Anggaran hasil recofusing APBD 2020 beberapa waktu lalu, salah satunya dialokasikan untuk membeli mesin deteksi material genetik sel dan bekti tersebut. 

“Guna melakukan pemeriksaan spesimen sejumlah pasien yang reaktif rapid test dan sedang menjalani karantina,” kata Bupati Kepsul, Hendrata Thes, di gedung BPK RI Malut, Rabu (24/6).

Hendrata memastikan dalam waktu dekat, Pemkab Kepsul sudah bisa memiliki mesin PCR sendiri agar pemeriksaan spesimen warga di Kepulauan Sula lebih cepat. 

"Kedepannya kita akan punya alat swab sendiri, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk pemeriksaan swab,  termasuk follow up bagi mereka yang sudah dinyatakan positif," ujar Hendrata. 

Hendrata bilang, sebelumnya pemeriksaan diagnostik spesimen Covid-19 dikirim ke BTLK Ambon, kemudian di RSUD dr. Chasan Boesoerie melalui pemeriksaan tes cepat molekuler (TCM). 

Terkait adaptasi kebiasan baru, Bupati bilang, pihaknya menerapkan sekenario tersebut dengan mengedepankan protokol kesehatan agar masyarakat bisa nyaman dalam beraktifitas. "Intinya ada disosialisasi. Kita sebagai pelayan masyarakat, apa pun keluhanya harus direspon, sehingg kedepan harapnya semunya bisa tertangani dengan baik," jelasnya.

Sementara Sekertaris Daerah (Sekda) Kepsul, Syafrudin Sapsuha mengatakan, saat refocusing pihaknya mengalokasikan anggaran untuk mesin PCR. ”Yang ditampung melalui belanja di OPD RSUD Sanana,” tandas Syafrudin. (ikh)

 

-

Peliput : Tim

Editor : Ikram Salim