Setengah Tahun, Pemkab Taliabu Belum Juga Ajukan Ranperda Pertanggunjawaban APBD 2019

Pardin Isa

Bobong, malutpost.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu sampai sekarang belum juga mengajukan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban APBD 2019 ke DPRD Pulau Taliabu. 
 
"Sesuai ketentuan batas waktu pengajuan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban APBD 2019 itu 6 bulan setelah tahun anggaran berakhir, tapi sampai sekarang Pemkab belum ajukan itu ke DPRD untuk dilakukan pembahasan," kata Ketua Fraksi Pembaharuan DPRD Pulau Taliabu, Pardin Isa kepada malutpost.id, Jumat (17/7). 
 
Pardin lantas mengurai regulasi tentang dokumen tersebut, sesuai peraturan pemerintah (PP) Nomor 58 tahun 2005 yang sekarang dicabut dan diganti dengan PP Nomor 12 tahun 2019, serta ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 tahun 2006, Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD itu harus disampaikan ke DPRD selambat-lambatnya 6 bulan setelah tahun anggaran berakhir untuk dibahas dan ditetapkan dalam paripurna. 
 
"Terkait itu, atas nama Fraksi Pembaharuan meminta Pemkab segera melakukan pengajuan dengan memperhatikan batas waktu sesuai ketentuan yang ada," ujar Politisi Partai NasDem Pulau Taliabu itu. 
 
Ia menambahkan, ranperda itu kewajiban pemerintah daerah untuk disampaikan kepada DPRD, penyampaian itu juga wajib dilampirkan dengan laporan hasil pemeriksaan BPK (LHP BPK) dan ikhtisar laporan kinerja dan keuangan BUMD/Perusda. "Ranperda itu adalah rangkaian siklus pengelolaan keuangan daerah, mulai dari ranperda APBD, ranperda perubahan APBD, hingga ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD,"jelasnya.
 
Lanjut Pardin, Pemda Pulau Taliabu juga harus menyiapkan penyampaian laporan realisasi semester pertama APBD tahun 2020 dan prognosis untuk 6 bulan berikutnya, karena secara ketentuan hal itu harus disampaikan paling lambat akhir bulan Juli ini.
 
 "Laporan realisasi semester pertama itu wajib disampaikan karena sesuai amanah peraturan Perundang-undangan itu menjadi dasar dari perubahan APBD,"tandasnya.(rid)
 
 
 
-
Peliput : Ridwan Arif
Editor   : Ikram