Vaksinasi Perdana di Kepulauan Sula Batal Lagi

Pencanangan vaksin Covid-19 perdana di Kota Ternate beberapa waktu lalu. (Foto: Ikh/malutpos)

Sanana, malutpost.id -- Pencanagan vaksinasi Covid-19, Sinovac di Kabupaten Kepulauan Sula yang direncakan Kamis (4/2/2021) ditunda.

Pelaksana Tugas  Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Sula Syafrudin Sapsuha mengatakan, penundaan vaksin perdana itu dua kali ditunda. Awalnya, kata Syafurdin, pencanangan awal dilakukan pada, Selasa kemarin, namun diundur hingga Kamis besok. "Jadi kita rencanakan vaksin perdana dilakukan hari Sabtu (6/2/2021).

Menurut Syafrudin, kendala penundaan tersebut masih dengan alasan sama yakni kesiapan. Syafrudin bilang, pihaknya ingin menyiapkan kegiatan vaksin perdana ini secara matang dari segi pengetahuan medis bagi personilnya di lapangan, kesehatan dan termasuk obat.

Lanjut Syafrudin, alasan lainnya yakni permintaan dari dokter untuk memberikan kelonggaran waktu pelaksanaan nanti."Kemarin kita sudah rapat bersama dokter untuk kesediaan melaksanakan vaksin, namun mereka minta waktu asal tidak lewat sampai tanggal 9,"ujar Syafrudin yang juga Sekretaris Daerah Kepsul itu.

Di katakannya, pencanangan vaksin perdana ini akan dilakukan di istana daerah dengan peserta terdiri dari 9 pejabat Forkopimda dan Dinkes. Untuk tenaga vaksinator, Dinkes menyiapkan 5 orang tenaga terdiri dari 1 orang dokter, 3 perawat dan 1 bidan telah mengikuti pelatihan vaksinator secara online selama 3 hari.

"Kemarin mereka baru saja selesai mengikuti pelatihan melalui daring zoom dari Balai Pelatihan Makasar dan ternate selama 3 hari, In Sha Allah mereka siap untuk melakukan pencanagan vaksin Covid-19,"tandasnya. (mg-01)


-

Peliput : Hamdi Embisa 

Editor   : Ikram