Bupati Hendrata Terima Vaksin Covid-19 Pertama di Kepsul

Bupati Kepsul, Hendrata Thes saat menerima vaksin pertama dalam pencanangan, Sabtu (6/2/2021). (istimewa)

Sanana, malutpost.id -- Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Hendrata Thes menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 di Kepsul. Pemberitaan vaksin Sinovac itu bertepatan dengan pencanangan vaksinasi di Kepsul yang diikuti oleh 30 orang di gedung Istana Daerah, Sabtu, (6/2/2021).

Selain Hendrata, ada juga Dandim 1510 Sanana, Letkol Inf. Tri Yudiyanto Hendro Winoto, Polres Kepsul serta jajaran Pemkab Sula wartawan dan ormas HMI dan IMM Sanana.

Bupati Hendrata dalam sambutan mengatakan, pencanangan Covid-19 ini menjadi penanda bahwa pemerintah akan melakukan fungsi dan tanggung jawab dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Hendrata bilang, melalui pencanangan ini diharapkan agar masyarakat dapat berpartisipasi dan bersama melawan virus corona. Lanjut Hendrata, vaksinasi tersebut sekaligus memberikan sosilisasi kepada masyarakat Kepsul bahwa vaksin sinovac tidak memberi dampak negatif terhadap tubuh.

"Saya berharap agar masyarakat Kepsul, jangan mendengar berita-berita hoax mengenai bahaya vaksin. Saya peserta pertama yang divaksin tapi saya tidak mengalami gejala apapun setelah disuntik,"katanya.

Di katakan Hendrata, penerima vaksin harus melewati tiga tahap prosedur. Pertama pendaftaran, dimana penerima vaksinasi menunjukan KTP dan nomor handphone, selanjutnya screening dan tahap terakhir yang menentukan calon penerima vaksin lolos screening kesehatan untuk disuntik dengan persyaratan tidak bergejala sakit dan tekanan darah normal.

"Tahap ketiga adalah tahap penyuntikan vaksin,"jelasnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kepsul Syafrudin Sapsuha menjelaskan, untuk masyarakat direncanakan dilakukan pada April mendatang. Pemberiaan vaksinasi akan dilakukan ditiap-tiap puskesmas.

"Jadi setelah ini mereka langsung sosialisasi ke masyarakat. Vaksinasi tahap kedua direncanakan akan kembali dilakukan vaksinasi tahap kedua selama 14 hari apabila tidak terjadi gejala apa-apa maka akan melakukan vaksinasi tahap kedua,"tutupnya. (mg-01)


-

Peliput : Hamdi Embisa

Editor   : Ikram