Pasar Basanohi Sanana Sering Banjir dan Bocor, Dagangan Ikut Rusak

Kondisi Pasar Basanohi Sanana, Kepulauan Sula saat ini, pedagang terpaksa memasang terpal agar air hujan tidak mengenai jualan dan lapak mereka, Rabu (24/3/2021). (Foto: Hamdi/malutpost.id)

Sanana, malutpost.id -- Pedagang di Pasar Basanohi Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara mengeluh karena lapak tempat jualan mereka kerap kali terkena air.

Pasalnya, atap bangunan yang dibangun pada 2018 itu bocor sehingga saat hujan genangan air masuk ke dalam pasar sampai mengenai dagangan.

"Setiap hujan barang daganan kita semua basah, lantai pun digenangi air sehingga kita pakai terpal untuk menutupi barang dagangan kita dari air hujan," kata Kaliku salah satu pedangan, Rabu (24/3/2021).

Pantauan malutpost.id, nampak beberapa terpal bergelantungan di dalam pasar dan atap. Hampir semua pedangan mengalami hal serupa.

"Air masuk melalui atap yang bocor hingga mengalir masuk didalam pasar," aku Nawia pedagang lainnya.

Nawia bilang, Dia sering merugi karena beberapa dagangannya rusak terkena air hujan dari atap.

"Barang jualan saya seperti laksa dan beras pernah saya buang karena kena air dan rusak,"ungkapnya.

Ia berharap, pemerintah segera memperbaiki atap pasar tersebut agar mereka dapat berjualan dengan nyaman. "Semoga pemerintah lihat pasar ini dengan baik-baik biar kita juga jual barang pun merasa nyaman," tandasnya. (mg-01)


-

Peliput : Hamdi Embisa

Editor   : Ikram