Pencurian Aki Panel Surya Lampu Jalan Marak di Sanana

Kotak penyimpanan accu atau panel surya lampu jalan tampak terbuka, Kamis (1/4/2021). (Foto: Hamdi/malutpost.id)

Sanana, malutpost.id -- Puluhan aki panel surya lampu penerang jalan umum di Desa Fatcei, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula dicuri. Akibatnya, sepanjang jalan timbunan itu gelap gulita pada malam hari. 

Pantauan malutpost.id, puluhan PJU yang terpasang di sepanjang jalan timbunan itu sejak sebulan terakhir tak berfungsi karena accu yang berfungsi menyimpan energi itu hilang dicuri orang. Kotak tempat penyimpanan accu di atas tiang juga tampak terbuka. 

"Lampu sudah tidak menyala itu karena accu dicuri orang, dan itu saya pernah lihat sendiri,"kata Kiki, warga Sanana yang pernah melihat pelaku pencurian, Kamis (1/4/2021).

Lampu jalan tenaga surya ini dibangun sejak 2020. Tidak lama setelahnya, satu persatu lampu jalan mulai mati dan hanya tersisa 1 unit yang masih berfungsi. Aksi pencurian accu juga pernah dilakukan di jalan Desa Fagudu beberapa waktu lalu.

Warga berharap polisi segera mengungkap pelaku pencurian aset daerah tersebut. "Kita minta polisi bisa menyelidiki, dan pasti masih ada tanda sidik jadi di tiang itu,"pinta sejumlah warga. (mg-01)


-

Peliput : Hamdi Embisa

Editor   : Ikram Salim