Di Kepulauan Sula, Ada Bakal Calon Kades Lulus Berkas di Dua Desa

Ilustrasi. (istimewa)

Sanana, malutpost.id --  Panitia Pilkades serentak pada 78  desa di Kabupaten Kepulauan Sula, Malulu Utara  telah mengumumkan nama-nama bakal calon kepala desa yang lulus administrasi pekan kemarin. Namun, ada nama bakal calon yang dinyatakan lolos dalam penjaringan atau verifikasi di dua desa berbeda. 

Balon kades tersebut diketahui bernama Sarful Umasugi yang dinyatakan lulus berkas di Desa Waisakai Kecamatan Mangoli Utara Timur dan Desa Modapia Kecamatan Mangoli Utara.

Sekretaris Panitia Pilkades Kabupaten Aswin Soamole menjelaskan, saat pendaftaran Safrul memang mendaftar di dua tersebut tidak bersamaan. Awalnya, Safrul memasukan berkas persyaratan di Desa Waisakai, namun saat masa perpanjangan pendaftaran Safrul ternyata mencabut berkasnya dan mendaftar di Desa Modapia. "Dan itu tanpa sepengetahuan kami dari panitia,"kata Aswin.

Selain itu, Aswin berasalan pantia sibuk saat proses verifikasi berkas sehingga nama Safrul yang terdaftar di Waisakai lupa dicoret Pantia Kabupaten. "Karena kesibukan dan lainnya sehingga namanya (Safrul) lupa dicoret,"akunya.

Untuk itu, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kepsul bakal menganulir kelulusan Safrul di desa Waisakai."Yang jelas akan dianulir khususnya di Waisakai,"tandas Aswin.

Pasca pengumuman, panitia langsung memanggil Sarful untuk menjelaskan perihal tersebut. Kepada wartawan, Sarful bilang, saat pendaftaran dirinya menggunakan dua SKCK sebagai syarat mendaftar."Iya, dua SKCK tapi satu KTP,"pungkasnya.(cr-01/mg-01).


-

Peliput : Gunawan/Hamdi

Editor   : Ikram Salim