LMND Desak Polisi Periksa Kadis PUPRPKP Kepulauan Sula

Aksi LMND Eksekutif Kota Sanana di depan Polres Kepsul, Senin (5/4/2021). (Foto: Hamdi/malutpost.id)

Sanana, malutpost.id -- Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Eksekutif Kota Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula menantang Polres Kepsul memeriksa Kepala Dinas PUPRPKP Sula terkait proyek IPAL komunal kombinasi MCK di 29 desa. Hal itu disampaikan dalam aksi di depan Mapolres Kepsul, Provinsi Maluku Utara, Senin (5/4/2021).

Ketua LMND Eksekutif Kota Sanana Juanidi Peuleu mengatakan, sebagian besar pembangunan proyek yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2018 itu bermasalah. Pasalnya, sebagian besar proyek dengan dana Rp560 juta per desa itu tidak dapat digunakan oleh masyarakat.

Selain itu, tahapan proyek juga bertentangan dengan aturan yakni tanpa melalui pembentukan kelompok swadaya masyarakat (KSM) dan justru ditangani langsung oleh Plt Kadis PUPRPKP Nursaleh. "Tidak melalui tahapan pembentukan kelompok swadaya masyarakat (KSM) tetapi dikerjakan langsung Nursaleh Bainuru, sehingga KSM yang ada di papan proyek hanya kedok,"kata Junaidi dalam orasinya.

Selain itu, lanjut Junaidi, pencairan anggaran dalam proyek dilakukan melalui rekening KSM bukan melalui Dinas PUPRPKP. Dinas, kata Junaidi hanya bertugas mengontrol pekerjaan dan kontrol anggaran. "Tetapi malah sebaliknya dari pelaksanaan pekerjaan sampai pada pencairan anggaran dilakukan langsung oleh dinas,"ungkap Junaidi.

Mereka mendesak, Polres Kepsul segera memeriksa Nursaleh Bainuru terkait proyek tersebut. "Kami berharap agar Polres Kepsul segera memanggi Kepala Bidang, Nursaleh Bainuru untuk diperiksa," tandasnya. (mg-01)



-

Peliput : Hamdi Embisa

Editor   : Ikram Salim