Ikan Membusuk, Pedagang Jualan di Depan Terminal Sanana

Pedagang ikan memilih berjualan di depan jalan masuk Pasar Basanohi, Kamis (7/4/2021). (istimewa)

Sanana, malutpost.id -- Pedagang ikan di Pasar Basanohi Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Provinsi Maluku Utara menggelar aksi protes dengan berjualan ikan di depan terminal Sanana, Jumat (8/4/2021).

Koordinator aksi, Hasan Leko mengatakan, aksi itu dilakukan sebagai protes banyaknya pedagang ikan yang berjualan di emperan toko,  dan depan sekolah seperti di SMP 1 Sanana. Menurutnya, kehadiran pedagang yang memilih berjualan di luar areal pasar ikan sangat berdampak kepada mereka yang berjualan di pasar ikan.   

"Ikan kami sepi pembeli hingga membusuk, itu karena pedagang ikan liar berkeliaran di mana-mana,"katanya.

Di sisi lain, lanjut Hasan, mereka juga membayar iuran lapak Rp3 ribu setiap hari. Hasan bilang, masalah tersebut pernah disampaikan ke instansi terkait seperti, Disperindakop, Dinas Perikanan, DLH, dan Dinas Tata Kota, tapi tidak digubris.

"Ini adalah langkah terakhir dengan berjualan ikan di depan terminal agar pemerintah sendiri menaruh perhatian lebih terhadap mereka dengan bagaimana cara agar semua merata,"ujarnya.

Dia meminta pemerintah menertibkan pedagang ikan diluar pasar ikan. "Mereka semua harus masuk di pasar dengan aturan pemerintah yang diatur,"pungkasnya. (mg-01)


-

Peliput : Hamdi Embisa

Editor   : Ikram Salim