Mangkrak 3 Tahun, Terminal Sanana Akhirnya Diresmikan

Terminal Sanana sebelum difungsikan usai dibangun, foto diambil pada 2019. (Foto: Ikram/malutpost.id)

Sanana,malutpost.id -- Terminal angkutan darat Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara akhirnya difungsikan setelah dibiarkan mangkrak selama 3 tahun.

Peresmian proyek yang menelan dana miliaran pada 2017 dan 2018 itu dilakukan Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Hendrata Thes, Jumat (9/4/2021).

Bupati Handrata berharap, terminal baru tersebut bisa mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Selain itu, kata Hendrata, dapat mengontrol masuk kendaraan dari luar kota kedalam kota.

"Harapan saya dengan diresmikan ini agar segera berfungsi dan penataan besar berjalan dengan baik,"kata Hendrata.

Hendrata bilang, untuk membuat terminal semakin sempurna tentunya dibutuhkan semua pihak baik SKPD, keamanan, penertiban hewan ternak, CCTV, penerangan dan lainnya.

Plt Kepala Dinas Perhubungan, Kepsul, Ibrahim Tidore menjelaskan, terminal itu dibangun dengan dana miliaran sehingga segera difungsikan.  Dia memastikan, akan memaksimalkan sektor pendapatan melalui retribusi di terminal.

"Tadi saya laporkan ke Pak Bupati pendapatan bisa Rp10 juta per bulan. Itu baru fasilitasi terminal, belum lagi sisi bahu kiri kanan terminal yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan parkir,"tandasnya. (mg-01)


-

Peliput : Hamdi Embisa

Editor   : Ikram Salim