Warga Mangon, Kepulauan Sula 'Serunduk' Kediaman Bupati

Puluhan warga mendatangi kediaman Bupati Hendrata Thes di Desa Fagudu, Kepulauan Sula, Selasa (13/4/2021). (Foto: Hamdi/malutpost.id)

Sanana, malutpost.id -- Sejumlah warga Desa Mangon, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara mendatangi rumah Bupati Kepsul Hendrata Thes, di Desa Fagudu, Selasa (13/4/2021) tengah malam.

Mereka menolak hasil screening calon kepala desa di Desa Mangon yang hanya meloloskan dua peserta. 

"Kami masyarakat Desa Mangon tidak terima dengan hasil screening Pilkades yang dikeluarkan oleh Pemda Kepsul. Kami merasa proses demokrasi tidak berjalan mulus,"kata Kepala Dusun I Desa Mangon, Muhajirin Tukuboya, Selasa (14/4/2021).

Mereka menilai panitia tingkat Kabupaten Kepsul tidak netral dengan hanya meloloskan calon tertentu. Pasalnya, ada 7 bakal calon di Desa Mangon tapi yang diloloskan hanya 2 orang. "Mereka  berada di satu RT yang sama yaitu RT 01," kata Muhajrin.

Untuk itu, lanjut Muhajirin, salah satu tuntutan dalam aksi tersebut ialah meminta Pemkab Kepsul merubah hasil screening Desa Mangon minimal 4 cakades.

"Desa lain yang 4 cakades, masa Desa Mangon 7 cakades yang lolos cuma 2 orang ini kan aneh. Setidaknya 4 orang yang lolos, "tegasnya.

Warga berorasi di kediaman Bupati Hendrata. Mereka mengancam, bila Hendrata tak menemui, maka aksi serupa akan kembali dilakukan dengan massa lebih banyak.

"Kami tetap ngotot. Saya pastikan masyarakat dusun 2 dan dusun 3 tidak akan coblos dan menolak Pilkades Desa Mangon. Bukan kita tidak suka yang lolos ini bukan, tapi kita butuh hanya keadilan bukan kepentingan,"tandasnya. Tampak aparat dari Polres Kepsul juga mengawal aksi yang berlangsung sekira pukl 23.30 WIT itu. (mg-01)


_

Peliput : Hamdi Embisa 

Editor   : Ikram Salim