Hembusan Angin Timur, BMKG Kepulauan Sula Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Buruk

Ilustrasi cuaca buruk. (Republika/Edwin Dwi)

Sanana,malutpost.id -- Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Emalamo Kepulauan Sula (Kepsul), memprediksi cuaca buruk berupa hujan deras, gelombang tinggi disertai angin kencang masih melanda Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara beberapa pekan kedepan.

Obserfat Pengamat Cuaca, Ikmal Zainudin, menyatakan, ini terjadi karena secara regional posisi matahari sudah bergerak ke utara sehingga menimbulkan hembusan angin timur kemudian menembuskan ke arah timur hingga tenggara atau hembusan australia.

"Nah, jadi dari hembusan ini sehingga terjadi tarikan angin kemudian membentuk konvergensi di wilayah Maluku Utara, khususnya di Kepulauan Sula," kata Ikmal, kepada malutpost.id, di ruang kerjanya, Rabu (19/5/2021).

Menurut Ikmal, konvergansi ini yang kemudian akan menimbulkan pertumbuhan awan-awan konfektif. " Awan konfektif inilah yang berdampak pada cuaca. Bisa cuaca buruk, hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi, banjir dan tanah longsor," tuturnya.

Ia memastikan, satu sampai dua bulan kedepan masi berpotensi gelombang tinggi,angin kencang, hujan sedang maupun lebat. 

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kepulauan Sula, agar selalu waspada maupun peka atas cuaca saat ini agar tidak terjadi sesuatu yang buruk di laut maupun di darat," tandasnya. (mg-01)


_

Peliput : Hamdi Embisa

Editor   : Ikram Salim