Alasan Bupati Kepulauan Sula Perintah Bank BPD Tahan Anggaran Proyek

Abubakar Buamona. (istimewa)

Sanana,malutpost.id -- Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Fifian Adeningsi Mus memerintahkan Direktur Bank Pembangunan Daerah Cabang Sanana untuk menahan seluruh pencairan anggaran proyek pemerintah daerah kecuali gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).   

Direktur Bank BPD Cabang Sanana, Abubakar Buamona saat ditemui malutpost.id di ruang kerjanya, Jumat (11/6/2021) mengatakan, alasan ditahannya pencairan anggaran proyek tersebut untuk dievaluasi oleh Pemda Kepsul.  

 "Jadi gaji ASN tetap jalan. Tapi kalau proyek itu kan pemda evaluasi dulu sudah sejauh mana proyek tersebut dikerjakan. Karena ini kan dari masa pemerintahan lama ke masa pemerintahan baru,"ungkapnya.

Dia mengaku, pihaknya tetap mengikuti perintah tersebut. Sebab, anggaran yang ditahan adalah milik Pemda Sula. "Makanya pemda saat ini mau mengevaluasi dulu. Jangan sampai SP2D-nya sudah berjalan, sementara proyeknya tidak dikerjakan,"katanya.

Abubakar bilang, belum bisa memastikan kapan penahanan pencairan dana selesai. Menurutnya, hal itu tidak akan berjalan lama. "Tidak mungkin mau ditahan berbulan-bulan. Karena seperti kontraktor harus beli semen, besi, kemudian yang bekerja itu kan manusia pasti bagaimana juga butuh makan, gajinya dibayar. Pokoknya tidak lama lah,"tandasnya. (mg-01)


_

Peliput : Hamdi Embisa

Editor   : Ikram Salim