Pohon Tumbang di Ternate Timpa Rumdis TNI

Pohon besar di Jalan Sultan Khairun Ternate tepat depan Stasiun RRI Ternate tumbang, Sabtu (16/1/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kota Ternate menyebabkan sejumlah pohon penghijauan tumbang, Sabtu (16/1/2021). Salah satunya, di Jalan Sultan Khairun, tepatnya depan kantor RRI Ternate.

Pohon berukuran besar itu roboh dan menimpa rumah dinas Dandim 1501 Ternate yang berada tepat didepannya. Pagar rumdis juga ikut tertimpa dan rusak. Kondisi itu juga membuat akses jalan di areal tersebut ditutup sementara.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kendati begitu, trotoar dan drainase ikut rusak.

"Setelah mendapat laporan, kami langsung turun lokasi melakukan pembersihan bersama petugas satgas dinas kebersihan bersama anggota penata ruang terbuka hijau," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tonny Sachruddin Pontoh.

Menurutnya, peristiwa itu terjadi pukul 05.00 WIT, sementara petugas baru bisa membersihkannya beberapa menit setelah peristiwa.

Tonny menyatakan, musim hujan sering kali membuat pohon tumbang, karena itu warga diminta berhati-hati baik pengendara maupun warga yang rumahnya berdekatan dengan pohon.

"Baiknya menghindari untuk tidak parkir dibawa pohon. Apalagi pohon yang sudah tua," pintanya.

Kendati banyak pohon tua, Tonny mengaku tidak bisa asal tebang. Karena, ketika pohon ditebang langsung ada pengganti. Sementara saat ini belum ada bibit pengganti. "Itu aturannya, bibit tidak ada, makanya tidak bisa tebang pohon yang sudah dianggap berbahaya," pungkasnya.(udy)



-

Peliput : Rusdi Abdurahman

Editor   : Ikram