Pemkot Ternate Cuek Utang Ratusan Miliar, Dekot Ancam Bentuk Pansus

Muhajirin Baillusy. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Menumpuknya Utang Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara membuat DPRD Kota Ternate geram. Utang multiyears Pemkot Ternate mencapai Rp81 miliar lebih ditambah utang pihak ketiga senilai Rp35 miliar. 

Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailussy mengatakan, DPRD telah berulang kali mengingatkan  Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Ternate setiap pertemuan untuk menyampaikan skema pembayaran utang ke DPRD. Tetapi, desakan itu belum mendapat respon dari pemerintah.  

"DPRD belum tahu seberapa proges pembayaran utang multiyears maupun pihak ketiga yang itemnya sudah selesai dikerjakan. Skema dibuat agar tidak terlalu membebani APBD kedepan,"ungkapnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu bilang, DPRD dan pemerintah adalah lembaga yang sejajar. Untuk itu, dia meminta pemerintah tidak main-main.

"DPRD tidak main-main, sudah seminggu lebih dari rapat bersama TAPD tetapi tak kunjung diberikan, jangan sampai kita bentuk panitia khusus (pansus),"tegas Muhajirin.

Lebih lanjut, Muhajirin menjelaskan, saat ini ratusan proyek dengan dana ratusan miliar sudah ditenderkan. Sementara, pemerintah terlihat cuek dengan utang yang mencapai ratusan miliar. "Harus ada yang menjadi prioritas belum lagi ditambah dengan adanya refocusing"tutupnya. (tr-03)


-

Peliput : Muhatir Badaruddin

Editor   : Ikram Salim