Diduga Kompor Meledak, 3 Rumah di Ternate Ludes Terbakar

Warga berusaha memadamkan api yang membakar 3 rumah di Kelurahan Kasturian, Rabu (7/4/2021). (Foto: Faisal/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Kebakaran hebat terjadi di RT 03 RW 02 Kelurahan Kasturian, Kecamatan Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara, Rabu (7/4/2021).

Peristiwa yang terjadi pukul 15.00 WIT sore tadi, membuat dua rumah warga dan 1 kos-kosan habis terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam perisitiwa itu, namun tidak ada satupun barang yang sempat diselamatkan pemilik rumah. 

Menurut penuturan warga, api berasal dari dapur salah satu kos-kosan milik Joni Safe yang kemudian merambat ke rumah milik Fatma dan Sri Indra Wati. Warga menduga, api berasal dari ledakan kompor yang mengenai bahan bakar di kosan tersebut. 

"Mungkin karena kompor belum dimatikan dengan baik,"kata Ketua RT 04 Kelurahan Kasturian, Ilham Dano kepada malutpost.id, Rabu (7/4/2021).

Firman (22 tahun), salah satu penghuni kosan mengaku melihat kobakaran api di dapur bangunan yang ditinggalinya itu. Dia lalu membangunkan penghuni kamar lainnya yang tertidur pulas. "Saya lihat api dari arah plafon dapur, untung saya tidak tidur,"tandasnya. 

Senada, Herlina warga lainnya juga mengaku pertama kali melihat api lebih dulu membakar kos-kosan yang tak jauh dari rumah milik Ayu. Tak lama, api merambat ke rumah bangunan lainnya. "Warga berusaha padamkan dengan alat seadanya,"ujar Herlina. Sementara pemadam kebarakaran datang sekira 30 menit setelah kejadian. (mg-04/mg-07/mg-06)


-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram Salim