Kemenag Ternate Bentuk Tim Pantau Awal Ramadan 1442 Hijriah

Tim pemantau dari BMKG saat memantau awal bulan di Gedung Observasi BMKG, Kelurahan Afe-Taduma, Ternate. (Foto: Ikram/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Ternate, Maluku Utara segera membentuk tim pemantau Rukyatul Hilal 1 Sawal 1442 Hijriah 2021. Tim khusus yang bertugas melakukan observasi bulan ini terdiri dari Kemenag Kota Ternate, Pemkot Ternate, BMKG, Ormas serta tokoh agama.

Pantauan pergerakan bulan rencananya mulai dilaksanakan pada Senin, 12 April 2021 malam di menara observasi BMKG di Kelurahan Afe-Taduma, Kecamatan Pulau Ternate. "Untuk saat ini bulan Syaban masih terlihat dengan posisi di atas 10 derajat, itu yang kita pantau bersama-sama dengan BMKG. Ini artinya sudah masuk awal Ramadan,"kata Kasi Bimas Kemenag Kota Ternate, H. Maskur Sabsuha saat diruang kerjanya, Selasa (6/4/2021).

Menurut Maskur, ada rumus atau metode untuk menentukan 1 Ramadan seperti hisab dan rukyat atau menghitung secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriah. Metode hisab, lanjut Maskur biasnaya dipakai oleh Muhammadiyah.

"Biasanya dilakukan tiga bulan sebelum Ramadan sudah merilis, sementara Nadatul Ulama (NU) mereka dengan metode rukyat. Namun yang kita pakai itu adalah rukyat, dan perbedaan yang terjadi itu bukan memecahkan umat Islam melainkan itu semua ada hikmahnya,” lanjut Maskur. Maskur mengungkapkan, informasi sementara dari BMKG posisi hilal berada di 2,62 derajat. (mg-07)


-

Peliput : Faisal Sidiq

Editor   : Ikram Salim