Pedagang Takjil 'Cuek' Imbauan Pj Wali Kota Ternate

Tenda pedagang takjil berada tepat di atas trotoar seputaran pantai Falajawa, Selasa (13/4/2021). (Foto: Taslim/malutpost.id)

Ternate malutpost.id -- Imbauan Pj Wali Kota Ternate Hasyim Daeng Barang tidak dihiraukan oleh pedagang takjil tentang pembatasan tempat dan waktu aktivitas berjualan makanan saat bulan suci Ramadan di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.  

Buktinya, pedagang musiman tersebut tetap menjajakan dagangannya di atas trotoar. Padahal, trotoar adalah areal yang dilarang dalam imbauan Nomor : 510.1/21/2021 itu.  

Seperti yang terlihat di pantai Falajawa dan Taman Nukila. Teotoar sepanjang areal tersebut disesaki pedagang takjil dan kuliner. Bahkan sebagian berjualan di bahu jalan. Padahal, lokasi tersebut merupakan salah satu titik kepadatan arus lalulintas kendaraan terutama saat puasa.    

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag) Kota Ternate Hasyim Yusuf menuturkan, akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan se-Kota Ternate, untuk melarang pedagang kaki lima (PKL) berjualan di atas trotoar. "Karena dapat menghalangi aktivitas pejalan kaki, dan menimbulkan kerumuna hingga menggangu ketertiban pengguna jalan,"ungkapnya.

Sebelumnya, Pemkot Ternate menerbitkan himbauan pada 6 April 2021 melarang pedagang berjualan di trotoar jalan. Warga diminta menjual secara online atau di depan rumah masing-masing untuk menghindari kerumunan. (mg-08)


_

Peliput : Taslim T. Laher

Editor   : Ikram Salim