Puluhan Spesies Burung Dilepas


DARUBA-Sebanyak 30 ekor spesies burung di lepas oleh kantor Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 1 Ternate, Selasa (3/2). Pelepasan puluhan spesies burung ini berlangsung di kilometer 9 kawasan hutan desa Daeo Majiko kecamatan Morotai Selatan. Dalam kesempatan ini, kepala kantor seksi Konservasi Wilayah 1 Ternate, Abas Hurasan, mengatakan, perlindungan satwa liar sudah diatur dalam undang-undang RI nomor  5 tahun 1990 tentang konservasi Sumber Daya Alam (SDA) hayati dan ekosistem.
"Satwa liar yang dilepas saat ini adalah burung berparuh bengkok yang diserahkan TNI, Polri serta masyarakat agar dikembalikan ke habitat asal,"jelasnya.

Lanjutnya, burung yang diamankan akan di konservasi terlebih dahulu oleh dokter hewan. Kalau dari hasil konservasi, sambung Abas, burung dengan spesies tertentu dinyatakan layak untuk hidup di ekosistemnya, maka akan dikembalikan ke habitat asli.

"Diharapkan perlindungan satwa liar ikut menjadi perhatian seluruh masyarakat Morotai serta institusi lain dalam melakukan pengawasan,”pintanya.

Disebutkan Abas, ada sekitar 130 spesies burung Bayan yang kini telah ditampung di kantor Konservasi Wilayah 1, Ternate. “Namun yang kami lepas saat ini hanya puluhan spesies saja, sebab yang lain masih dalam tahap pengobatan dan pengawasan dokter hewan,”tandasnya. Sekadar diketahui, jenis spesies burung yang dilepas kemarin yakni bayan merah dan hijau sebanyak 8 ekor, perkici 4 ekor dan nuri 18 ekor. Total keseluruhan burung yang dilepas sebanyak 30 ekor. Hadir dalam pelepasan kemarin, Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPH) Pulau Morotai,  Ramou Todigo, Kasi Perencanaan KPH, Ismit, Kapolsek Morotai Selatan Kompol M.A. Fauzi, Paspotmar Lanal, Lettu Laut (P) Ismed, Babinsa Daeo, Serda Miswardi.(tr-04/aji)