Penumpang K.M Geovani Diperiksa

PERIKSA:Pemeriksaan kesehatan suhu tubuh yang dilakukan petugas Dinkes kabupaten Pulau Morotai terhadap para penumpang yang baru saja tiba dengan KM. Geovani, Kamis (19/3).

DARUBA-Selain di Bandara Udara (Bandara) Pitu kabupaten Pulau Morotai, pemeriksaan suhu tubuh untuk mencegah penularan virus Corona juga dilakukan terhadap para penumpang di pelabuhan Imam Lastori, Daruba. Seperti yang dilakukan petugas dari Dinas Kesahatan (Dinkes), Kamis (19/3). Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, para petugas kesehatan ini melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap penumpang KM. Geovani yang baru saja tiba dari Ternate.

Disela-sela pemeriksaan, Kepala Seksi (Kasi) P2M Dinkes dan KB, Muhammad Taufik saat dikonfirmasi mengatakan, pemeriksaan suhu tubuh dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus Corona. "Pemeriksaan suhu tubuh lewat  //termo scan/// terhadap penumpang yang baru saja tiba. Para penumpang ini baru datang dari Ternate,”ungkapnya. Ditambahkan Taufik, dalam pemeriksaan yang dilakukan, pihaknya cenderung fokus terhadap para penumpang yang memiliki riwayat perjalanan ke daerah yang sudah terindikasi positif terdapat penderita Corona. Seperti Manado, Medan hingga Jakarta. Kebetulan, rute pelayaran KM Geovani sebelum tiba di Morotai, sempat singgah di Manado dan Ternate.

"Kalau tadi (Kamis kemarin) ada penumpang dari Manado yang sempat kita periksa. Dari seluruh penumpang, dua diantaranya memiliki suhu tubuh 38 derajat, tapi tidak ada keluhan demam. Perlu kami informasikan, kalau ada gejala klinis yang nanti memburuk bisa langsung ke ke unit pelayanan kesehatan terdekat, baik Puskesmas mapun rumah sakit. Jadi paling utama kita deteksi adalah gejala penyakit yang mengakibatkan suhu tubuh meningkat. Dari semua yang kita periksa masih aman dan tidak ada yang terindikasi,”tandasnya.(tr-04/aji)