Sidang Istimewa HUT Morotai Berlangsung Khidmat

KOMPAK: Bupati Benny Laos dan Ketua DPRD Rusminto Pawane memotong tumpeng usai sidang istimewa HUT Kabupaten Pulau Morotai yang ke-11 di aula Kantor DPRD, Kamis (19/3) HUMAS PEMKAB FOR MALUT POST

DARUBA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Morotai resmi menggelar sidang paripurna istimewa. Sidang paripurna yang digelar Kamis (19/3) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten Pulau Morotai ke-11 tahun di aula gedung DPRD berlangsung khidmat. Ikut hadir langsung dalam paripurna kemarin, Bupati Benny Laos didampingi Ketua DPRD Rusminto Pawane yang memimpin jalannya paripurna serta seluruh anggota dewan serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

Saat membuka jalannya sidang paripurna, Ketua DPRD mengatakan, puncak HUT Morotai ke-11 yang digelar dalam sidang paripurna adalah bentuk penghormatan terhadap para tokoh pemekaran Pulau Morotai. "Perayaan HUT kali ini sungguh sederhana dan berbeda. Dengan suasana seperti ini, ikut mengajarkan kita untuk menempatkan diri dalam posisi yang sama," ucap Rusminto.

Dijelaskan Rusminto, momen ini menjadi sangat berharga bagi seluruh masyarakat Morotai. Sebab banyak aspek historis yang menjadi catatan perjuangan para tokoh pemekaran Morotai sehingga menjadi daerah otonom yang menginspirasi. “Ini menjadi penting bagi kita dalam menyatukan tekad untuk meningkatkan SDM sebagai fondasi yang kokoh, guna membangun daerah ini," ujarnya.

Rusminto juga menyentil pembatalan malam pesta rakyat yang awalnya dijadwalkan digelar di Desa Mira, Kecamatan Morotai Timur, malam nanti. Diakuinya, pembatalan malam pesta rakyat yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT Morotai berdasarkan kesepakatan antara Pemerintah Daerah (Pemda) dan DPRD guna mengantisipasi penularan virus corona. "Kita saat ini tengah dilanda bencana sosial. Mencermati kondisi yang terjadi, acara seremonial di Desa Mira ditiadakan," tutur politikus Partai Nasdem tersebut.

Sementara Bupati Benny Laos dalam sambutannya mengatakan, paripurna yang digelar merupakan momentum yang baik bagi seluruh masyarakat Morotai dalam melakukan refleksi dan kontemplasi bagi seluruh stakeholder di daerah, terutama Pemda dan DPRD, dalam percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Pulau Morotai. “Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada DPRD atas penyelenggaraan sidang paripurna istimewa ini. Harapan saya, semoga sidang paripurna ini dapat memberikan makna dan arti penting bagi kelahiran daerah yang diperjuangkan oleh masyarakat atau tokoh pendahulu,” ungkap bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Pulau Morotai ini juga menambahkan, momentum peringatan HUT Morotai sudah menjadi agenda tahunan yang diharapkan dapat menjadi ///starting point/// bagi DPRD untuk terus bekerja dan mengabdi lebih baik lagi demi masyarakat di daerah. Lebih lanjut, Benny juga menyampaikan, peringatan HUT ke-11 Kabupaten Pulau Morotai menjadi sangat istimewa saat jajaran di lingkup Pemda bersama masyarakat dan seluruh stakeholders mampu mengaplikasikan perjuangan tanpa syarat dari para tokoh pejuang yang penuh dengan semangat. “Semangat pengabdian ini yang diharapkan dapat diwujudkan dan menjadi cita-cita kita bersama,” pintanya.

Kegiatan yang berlangsung hampir kurang lebih tiga jam ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Bupati Benny Laos dan Ketua DPRD disaksikan seluruh stakeholder yang hadir dalam paripurna istimewa kemarin.(tr-04/adv/aji)