Morotai Terapkan Lock Steril

LAUT:Tampak sejumlah speedboat di dermaga pelabuhan Morotai saat beroperasi, Kamis (26/3)

DARUBA-Dalam status tanggap darurat,  tim Sargas pencegahan penularan Covid-19 juga menerapkan lock steril di semua jalur pintu masuk, baik di pelabuhan Feri hingga kapal.

Pemberlakuan lock steril oleh tim Satgas Covid-19 yakni dengan membatasi jadwal pelayaran transportasi laut. Seperti halnya KM. Bunda Maria yang biasanya dalam satu Minggu dua kali masuk ke wilayah Morotai, dibatasi hingga satu kali saja. Begitu juga dengan KM Geovani. Sementara untuk feri yang melayani rute Tobelo-Morotai setiap harinya dibatasi hingga dua kali saja dalam seminggu. Sedangkan untuk KM. Maming, dibatasi hanya dua kali dalam seminggu untuk masuk ke Morotai. Ketua harian Satgas Covid-19, Welhelmus Sahuleka saat dikonfirmasi Kamis (26/3) mengatakan, pemberlakukan lock steril bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Jadi pemberantasan ini dilakukan secara nasional, mulai dari pusat sampai ke daerah dengan membatasi kedatangan warga melalui jalur laut sehingga terhindar dari penularan virus Corona. Lebih jelasnya nanti bisa dikonfirmasi ke Dinas Perhubungan (Dishub),"sarannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), Ahdad Hi. Hasan secara terpisah mengaku, langkah lock steril dilakukan untuk mengontrol dan memaksimalkan kinerja Satgas Covid-19. "Untuk Feri itu hanya dua kali dalam seminggu. Yakni Rabu dan Sabtu. Sedangkan KM. Ratu Maria dan KM. Geovani itu satu kali dalam seminggu,"sebut Ahdad. Lebih lanjut, ia juga menambahkan, untuk speedboat dari Tobelo ke Morotai dibatasi hanya lima unit saja. "Kalau dari Morotai ke Tobelo tidak dibatasi,"akunya. Kebijakan lain, sambung Ahad, berkaitan dengan jalur pelayaran di dermaga pelabuhan Bere-Bere kecamatan Morotai Utara dan di desa Sopi kecamatan Morotai Jaya untuk sementara, ditutup. "Ini berlaku hanya untuk kapal penumpang, tapi kalau kapal barang itu tetap dibuka namun diarahkan semua ke Daruba. Selain itu, semua kapal dan transportasi laut dilarang berlabuh pada malam hari,"imbaunya, tegas.(tr-04/aji)