Kebutuhan Sembako Dijamin Aman

AMAN:Beras di sejumlah toko yang ada di dalam kota Daruba masih aman.

DARUBA-Mengantisipasi anjloknya harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) ditengah pandemi virus Covid-19, Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Pulau Morotai berencana untuk menyiapkan stok bagi masyarakat. Penyediaan stok kebutuhan pangan dari Pemda ini diestimasi, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat selama tiga bulan ke depan. Dalam rencana ini, Pemda bakal bekerjasama dengan sejumlah produsen di Pulau Morotai untuk menjawab kebutuhan pasar. Salah satu skema yang nantinya dilakukan Pemda yakni memudahkan transaksi produsen dengan pihak bank agar pendistribusian Sembako melalui tol laut berjalan lancar.
 
Demikian disampaikan asisten III Sekretariat Daerah (Setda), Rina Ishak, akhir pekan kemarin. Diakui Rina, pendistribusian Sembako dan pangan melalui tol laut masih ramai lancar, tanpa ada kendala. "Sebab lockdown di Surabaya itu hanya berlaku bagi penumpang, bukan untuk barang sehingga kita masih bisa mengajukan permintaan. Dan untuk persediaan stok dari Surabaya, masih ada,"kata Rina. Selain menyediakan stok, Pemda juga bakal melanjutkan pembagian Sembako terhadap masyarakat, jelang puasa nanti. "Kalau yang akan dibagikan di awal puasa nanti berupa beras 10 kilogram, vitamin, sabun, telur dan susu,"akunya.

Olehnya itu, persediaan Sembako bagi masyarakat Morotai, baik di awal puasa hingga lebaran nanti dijamin aman. Selain itu, Pemda juga menghimbau kepada para pelaku pasar, terutama pengusaha Sembako supaya tidak menaikan harga secara sepihak serta melakukan. "Kami intens melakukan pemantauan dilapangan. Kalau ditemukan maka akan diberikan sanksi. Ini kita lakukan demi menjaga kestabilan perekonomian di Morotai,"tandasnya.(tr-04/aji)