Sumber Anggaran Bantuan untuk Warga Dipertanyakan

Junaedi Abdul Rasyid

Ternate, malutpost.id – Pengamat Kebijakan Publik Junaedi Abdul Rasyid mempertanyakan sumber anggaran bantuan yang disalurkan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai kepada warga. Pasalnya, dia menilai sampai saat ini tidak ada kejelasan informasi terkait sumber anggaran kegiatan tersebut. “Apakah benar-benar dari dana sharing APBD atau menggunakan bantuan pangan nontunai yang disalurkan oleh Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial atau tim koordinasi oleh kementerian untuk menyalurkan bantuan itu," ungkapnya, Senin (13/4).

Menurut Junaedi, ketidakjelasan sumber dana akan membuat publik bertanya-tanya. Dia bilang, jangan sampai ada kesan bantuan tersebut merupakan bantuan pribadi Bupati Benny Laos. "Tidak diperjelas sekan-akan bahwa bantuan itu diberikan langsung oleh Bupati. Jadi kita menduga bahwa bantuan yang diberikan itu jangan-jangan bantuan dari Pemerintah Pusat lewat bantuan BPNT, karena sejauh ini tidak ada penjelasan bantuan dari mana anggarannya," ujarnya.

Dia khawatir, bantuan tersebut akan dipolitisir. Politisasi bantuan, dia bilang, rentan ditiru kabupaten/kota lain yang mengikuti Pilkada serentak. J”ika seperti ini dikhawatirkan kabupaten lain juga bakal melakukan hal yang sama,” kata dia.

Junaedi menambahkan, penerimaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sudah berjalan satu tahun setengah sejak 2019 lalu hingga saat ini. "Penerimaan BPNT terakhir di Januari 2020 hingga Maret sudah berjalan, dengan jumlah per PKH sebesar Rp 150.000. Namun di saat adanya Wabah Covid-19 saat ini naik lagi menjadi Rp 200.000 berdasarkan instruksi Presiden RI, artinya ada tambahan lagi sebesar Rp 50.000. Kalau bantuan ini artinya masyarakat yang harus terima dengan nilai seperti itu, malah dimainkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan anggaran itu," paparnya.

Penerima BPNT, sambung Junaedi, wajib didata Dinas Sosial. Anggaran yang sudah dicairkan pemerintah pusat jika tak disalurkan secara otomatis akan ditarik kembali. "Kita yakin sudah saatnya tersalurkan apalagi di kondisi saat ini, karena masyarakat membutuhkan," tandasnya.(mg-05)