Begini Kondisi Jalan Desa Cio, Tutuhu-Daruba setelah Banjir

Jalan penghubung antara Desa Cio, Tutuhu di Kecamatan Morotai Selatan Barat ke Kota Daruba amblas akibat tergerus banjir. (Foto: Opan/malutpost.id)

Daruba, malutpost.id -- Ruas jalan penghubung antara Desa Cio, Tutuhu di Kecamatan Morotai Selatan Barat ke Kota Daruba nyaris putus akibat banjir yang terjadi pada, Sabtu (16/1/2021) lalu.

Kerusakan terjadi sekira 20 meter, dimana lebar badan jalan saling terpisah dengan kondisi retak. Kerusakan itu juga menyebabkan jalan berlubang dengan kedalaman sekira 10 centimeter. Sementara bagian lainnya juga tampak amblas, karena bagian dasarnya tergerus air. Kondisi itu membuat supir tidak berani melintas di jalan tersebut. Amatan wartawan, di areal jalan nasional tersebut tidak ada saluran drainese, sehingga saat hujan air langsung menggerus badan jalan.

Upi, salah satu sopir mengatakan, kerusakan tersebut terjadi setelah hujan deras yang terjadi sejak Sabtu, 16 Januari 2021. Namun, kondisi terparah terjadi pada, Senin (18/1/2021)."Itu jalan dari Desa Ciogerong, Cio Dalam, dan Desa Cio Maleleo ke Daruba. Dalam dua hari lalu kan hujan deras terus tadi pagi jam 9 (pagi) saya antar orang ke Daruba, ternyata jalannya sudah putus," ujarnya.

Dia mengungkapkan, sejak pagi hingga sore menunggu di lokasi tersebut sambil menunggu perbaikan dari pemerintah. Hanya saja, belum ada penangan sehingga seluruh penumpangnya terpaksa dialihkan ke kendaraan lain. 

"Penumang saya ofor ke mobil yang ada di Tutuhu," ujarnya.

"Karena tidak ada saluran air sehingga bisa ambruk. Dan kalau saya lihat itu di dalam aspalnya sudah kosong makanya dia bisa patah," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pulau Morotai Abubakar A. Rajak mengaku areal tersebut masuk jalan nasional. Pihaknya, kata Abubakar telah berkoordinasi dengan pihak terkait. "Itu jalan nasional, tanya ke balai saja kita jawab nanti salahkan," singkatnya.(tr-04)


-

Peliput : Sofyan Togubu

Editor   : Ikram